Terbiasa Diremehkan Lawan, Latvia Tak Gentar Hadapi Spanyol di FIBA World Cup 2023

Jum'at, 01 September 2023 - 12:02 WIB
loading...
Terbiasa Diremehkan Lawan, Latvia Tak Gentar Hadapi Spanyol di FIBA World Cup 2023
Tim kuda hitam Latvia tidak menjadi favorit dalam menghadapi Spanyol di babak kedua FIBA World Cup 2023. / Foto: Andhika Khoirul Huda
A A A
JAKARTA - Tim kuda hitam Latvia tidak menjadi favorit dalam menghadapi Spanyol di babak kedua FIBA World Cup 2023 . Latvia, yang jalani debut di ajang FIBA World Cup, secara mengejutkan lolos dari babak penysihan grup.

Tergabung dengan Kanada, Prancis, dan Lebanon di Grup H, Latvia melanjutkan perjalanannya ke babak kedua Grup L dengan berstatus sebagai runner-up di bawah Kanada. Kini, di putaran kedua Grup L, skuat asuhan Luca Banchi itu harus berhadapan dengan favorit juara, Spanyol di laga pertamanya.

Walaupun demikian, Luca Banchi menegaskan bahwa timnya tak gentar melawan siapa pun, termasuk sang juara bertahan.



Sayangnya, Latvia berada dalam kondisi kurang menguntungkan di babak kedua. Mereka berada di posisi buncit lantaran kalah dalam perolehan poin dari penghuni Grup L lainnya, yakni Spanyol, Brasil, dan Kanada. Berdasarkan poin dan skor yang didapatkan di babak pertama, posisi Latvia tepat berada di bawah Brasil.

Sedangkan Spanyol, sementara duduk di posisi kedua, karena kalah selisih angka dari Kanada. Oleh karenanya, Latvia jelas tidak diunggulkan untuk menang atas Juancho Hernangomez dkk, terlebih sang lawan memiliki motivasi besar untuk mempertahankan gelar juara.

Pemain Latvia, Davis Bertans pun menyampaikan jika timnya sudah terbiasa dianggap sebagai underdog dan mereka menerimanya. Menurutnya, mentalitas seperti itu justru menjadi kekuatan bagi timnya, sehingga mampu membuktikan diri dengan membuat kejutan di FIBA World Cup 2023.

“Ya, di semua pertandingan saya kira kami dianggap underdog selama 20 tahun terakhir, dan bahkan sejak awal kualifikasi Piala Dunia . Jadi kami sudah terbiasa dengan hal itu, kami menerimanya, dan kami ingin membuktikan bahwa semua orang salah. Jadi itulah mentalitasnya, dan itu berhasil bagi kami," jelas Bertans saat ditemui awak media di Lapangan Latihan Indonesia Arena, Jakarta, Kamis, 31 Agustus 2023.

Sang pelatih, Luca Banchi menambahkan bahwa timnya sudah biasa dipandang rendah, tetapi itu tak membuat mereka gentar sehingga siap untuk menghadapi tim manapun, termasuk Spanyol.

"Di seluruh kompetisi. Kami tiba di sini dengan peringkat yang sangat rendah. Kami menerima peran itu sejak awal. Kami menghormati setiap lawan. Namun kami tidak takut untuk bermain dan menghadapi siapa pun," tutur juru taktik asal Italia itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4523 seconds (0.1#10.140)