alexametrics

MotoGP Thailand, Malaysia Batal, Eropa Tambah Satu Seri

loading...
MotoGP Thailand, Malaysia Batal, Eropa Tambah Satu Seri
Tiga seri balap MotoGP 2020 batal digelar akibat pandemi Covid-19, termasuk seri MotoGP Thailand/Foto/bikesrepublic.com
A+ A-
BANGKOK - Tiga seri balap MotoGP 2020 batal digelar akibat pandemi Covid-19. Dua di Asia Tenggara yakni MotoGP Thailand dan Malaysia, dan satu lagi, MotoGP Argentina. Tapi satu balapan lagi akan ditambahkan ke kalender dan akan diadakan di Eropa pada bulan November 2020.

Otoritas MotoGP mengumumkan pembatalan itu, Jumat (31/7/2020), menyusul sejumlah balapan yang telah dihapuskan musim ini karena wabah virus corona, termasuk MotoGP Qatar, Belanda, Jerman, Finlandia, Inggris, Australia, Jepang, Italia, dan Amerika Serikat. (Baca juga: SRT Petronas Nyerah Kejar Valentino Rossi).

"FIM, IRTA, dan Dorna Sports menyesal mengumumkan pembatalan Gran Premio Motul de la Republica Argentina, OR Grand Prix Thailand dan Shell Malaysia Motorcycle Grand Prix 2020," demikian pernyataan bersama MotoGP, FIM, dan Asosiasi Tim IRTA, dilansir Reuters.

"Setelah Gran Premio Motul de la Comunitat Valenciana, digelar akhir pekan, balapan lainnya akan berlangsung dari tanggal 20 hingga 22 November di venue di Eropa, dan itu menjadi final musim 2020." (Baca juga: Dovizioso Percaya Marquez Tak Mungkin Jadi 'Keledai' di MotoGP 2020).



Tuan rumah di Eropa belum diputuskan dan akan dikonfirmasi pada 10 Agustus.

Musim lomba MotoGP 2020 dimulai kembali awal bulan ini dengan balapan back-to-back di Sirkuit Jerez, Spanyol. Negeri Matador ini akan menyelenggarakan tujuh balapan sebagai bagian dari kalender Eropa yang direvisi. Sedangkan empat sirkuit lainnya ditetapkan untuk menjadi tuan rumah dua lomba di tempat yang sama. (Baca juga: Positif Covid-19, Pembalap Racing Point Absen di Sirkuit Silverstone).



Promotor Dorna Sports menambahkan bahwa Grand Prix Thailand akan tetap ada di kalender MotoGP hingga setidaknya tahun 2026. Dorna mulai bekerja membahas kemungkinan tanggal balapan di Argentina dan Malaysia tahun depan.

Fabio Quartararo dari Petronas Yamaha memimpin klasemen kejuaraan dunia setelah memenangkan dua balapan pertama di Jerez sementara Maverick Vinales dari Yamaha berada di urutan kedua, dengan 10 poin di belakang Quartararo.
(sha)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak