Moncer di Venezia Italia, Jay Idzes Bakal Dinaturalisasi untuk Bela Timnas Indonesia

Rabu, 06 September 2023 - 16:16 WIB
loading...
Moncer di Venezia Italia, Jay Idzes Bakal Dinaturalisasi untuk Bela Timnas Indonesia
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengumumkan Jay Idzes akan melakukan proses naturalisasi / Foto: Instagram Jay Idzes (@jayidzes)
A A A
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengumumkan Jay Idzes akan melakukan proses naturalisasi. Pemain yang sedang membela klub Serie B Italia, Venezia diharapkan bisa membuat lini pertahanan Timnas Indonesia menjadi lebih kokoh.

"Hari ini saya mengumumkan bahwa pemain asal klub Venezia Jay Idzes akan kita proses untuk memperkuat Merah Putih di ajang internasional untuk Garuda Mendunia," kata Erick Thohir lewat keterangan tertulisnya, Rabu (6/9/2023).

Erick Thohir mengatakan Jay Idzes bukanlah pemain sembarangan. Pemain berusia 23 tahun itu berhasil membawa Go Ahead Eagles finish di posisi 11 Liga Belanda 2022/2023.



Bahkan, Timnas Belanda tertarik dengan kualitas Idzes. Namun, ia lebih memilih Timnas Indonesia lantaran memiliki peluang bermain lebih banyak.

"Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan akan in sya Allah akan menambah kekuatan timnas kita," ujar Erick Thohir.

Idzes memiliki darah Indonesia dari Kakek dan neneknya. Meski begitu, ia merupakan pesebak bola kelahiran Mierlo, Belanda pada 2 Juni 2000 diman kedua orang tuanya menetap di negara tersebut.



Sementara Idzes sudah bermain sepak bola sejak usia 7 tahun. Mengawali karier di klub amatir SC Brabant, ia bermain selama 1,5 tahun dan pada usia 9 tahun, bakatnya mulai dilirik oleh talent scouting PSV Eindhoven.

Idzes kemudian berlatih di akademi PSV selama lima tahun. Setelah itu, ia bergabung dengan Akademi VVV-Venlo & Helmodsports pada 2014. Bertahan 2 tahun di klub tersebut, ia bergabung dengan klub Eerste Divisie lain, FC Eindhoven, dan bermain di tim akademi junior.

Setelah dua tahun menimba ilmu di tim junior, Idzes mulai dibutuhkan oleh tim utama FC Eindhoven dengan mencatatkan 57 penampilan. Ia kemudian pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023. Pemain berusia 23 tahun itu kemudian pindah ke Liga Italia untuk bergabung dengan Venezia hingg 2027 mendatang.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6036 seconds (0.1#10.140)