Bela Timnas Indonesia di Asian Games, Asnawi Mangkualam Serahkan Nasib ke Jeonnam Dragons

Senin, 11 September 2023 - 02:02 WIB
loading...
Bela Timnas Indonesia di Asian Games, Asnawi Mangkualam Serahkan Nasib ke Jeonnam Dragons
Asnawi Mangkualam. Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim/nym.
A A A
JAKARTA - Kapten Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Asnawi Mangkualam , dengan tegas menyatakan kesiapannya untuk membela Timnas Indonesia U-24 pada Asian Games 2022. Namun, keputusan ini sepenuhnya bergantung pada klubnya, yaitu Jeonnam Dragons, apakah mereka memberikan izin atau tidak.

Asnawi dengan bijak meletakkan tanggung jawab keputusan ini pada klubnya. Sebab, Asian Games bukan bagian dari jadwal FIFA, sehingga keputusan melepaskan pemain menjadi hak sepenuhnya dari klub.

"Kita belum tahu tentang Asian Games karena ini di luar jadwal FIFA," ungkap Asnawi dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (10/9/2023). "Keputusan ini bukanlah wewenang saya untuk membuatnya; semuanya bergantung pada klub. Sebab, Asian Games bukan agenda FIFA," tambahnya.



Tetapi, Asnawi dengan penuh semangat menyatakan kesiapannya jika Jeonnam Dragons akhirnya memberikan izin untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-24 dalam Asian Games 2022. Bagi Asnawi, kesempatan ini adalah kehormatan besar untuk mewakili negaranya.

"Jika klub memberikan izin, tentu saya sangat ingin bermain di Asian Games. Sebagai pemain, tujuan utama kami adalah memperkuat Timnas Indonesia," ungkap Asnawi.

Beberapa hari sebelumnya, Manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan, mengonfirmasi bahwa PSSI telah mengadakan komunikasi dengan klub Asnawi, Jeonnam Dragons, serta klub Pratama Arhan (Tokyo Verdy) dan tim Saddil Ramdani (Sabah FC) mengenai kemungkinan melepaskan pemain-pemain tersebut untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 dalam Asian Games 2022. Selain itu, klub-klub tersebut berada di Asia, yang meningkatkan harapan untuk mendapatkan izin dari klub.

"Keputusan akhir tetap berada di tangan klub, namun kami telah mengadakan komunikasi dan berharap bahwa mereka akan memberikan izin, mengingat ini adalah kejuaraan resmi tingkat Asia. Negara-negara seperti Jepang, Korea, dan Malaysia juga turut serta," jelas Endri kepada media, termasuk MNC Portal Indonesia, di Jakarta pada Selasa (5/9/2023).

Sebagai informasi, Asian Games 2022 akan berlangsung di Hangzhou, China, dari tanggal 23 September hingga 8 Oktober 2023. Cabang olahraga sepak bola akan dimulai lebih awal, dan Timnas Indonesia U-24 berkompetisi di Grup F bersama Korea Utara, Kirgizstan, dan Taiwan. Pertandingan pertama skuad Garuda akan melawan Kirgizstan pada 19 September 2023 mendatang.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)