3 Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia Bukti Kebangkitan Macan Asia!

Rabu, 13 September 2023 - 13:15 WIB
loading...
3 Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia Bukti Kebangkitan Macan Asia!
Kebangkitan Macan Asia sepertinya bukan mitos belaka. Itu bisa dilihat dari keberhasilan Timnas Indonesia era Shin Tae-yong yang mampu tampil mengesankan di kelompok umur (senior, U-23, dan U-20) / Foto: PSSI
A A A
Kebangkitan Macan Asia sepertinya bukan mitos belaka. Itu bisa dilihat dari keberhasilan Timnas Indonesia era Shin Tae-yong yang mampu tampil mengesankan di kelompok umur (senior, U-23, dan U-20).

Timnas Indonesia U-23 berhasil memastikan diri tampil di Piala Asia U-23. Kepastian tersebut didapatkan usai mengalahkan Turkmenistan U-23 dengan skor 2-0 pada pertandingan pemungkas Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (12/9/2023) malam WIB.

Indonesia U-23 keluar sebagai juara Grup K dengan mengumpulkan enam poin serta mencetak 11 gol tanpa kemasukan. Keberhasilan tersebut membuat Skuad Garuda Muda menyusul timnas senior tampil di Piala Asia 2023.



Bukan hanya Timnas Indonesia senior dan U-23 yang tampil di Piala Asia, tetapi Timnas Indonesia U-20 juga sempat berlaga di Piala Asia U-23 2023. Hanya saja, Garuda Asia gagal melewati fase grup.

Sementara dengan keberhasilan tiga Timnas Indonesia tampil di Piala Asia menjadi momentum kebangkitan sepak bola Tanah Air. Hal tersebut membuat banyak pihak menganggap keberhasilan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia menandakan kebangkitan Macan Asia yang telah lama tertidur.

Tak sedikit penggemar sepak bola Tanah Air pernah mendengar kabar bahwa Timnas Indonesia pernah dijuluki Macan Asia pada beberapa dekade silam. Hal tersebut terjadi di ajang Asian Games 1954 Manila, Filipina.



Kala itu, Timnas Indonesia terlihat sangat serius untuk tampil di Asian Games 1954. Terbukti dengan Toni Pogacnic yang merupakan pelatih asal Yugoslavia, salah satu negara kiblat sepak bola saat itu.

Timnas Indonesia tampil bagus di fase grup dengan mengalahkan juara bertahan India 3-0 serta meraih kemenangan 5-3 atas Jepang. Namun, Timnas Indonesia hanya mampu mencapai babak semifinal usai menelan kekalahan 2-4 dari China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4989 seconds (0.1#10.140)