Tampil di Piala Asia, Timnas Indonesia Dapat Pengalaman Baru dari VAR hingga Wasit Wanita

Kamis, 14 September 2023 - 16:00 WIB
loading...
Tampil di Piala Asia, Timnas Indonesia Dapat Pengalaman Baru dari VAR hingga Wasit Wanita
Tampil di Piala Asia, Timnas Indonesia Dapat Pengalaman Baru dari VAR hingga Wasit Wanita
A A A
KUALA LUMPUR - Timnas Indonesia akan merasakan pengalaman baru di Piala Asia 2023 mendatang. Sebab, turnamen ini akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR) untuk pertama kalinya, serta akan dipimpin oleh wasit wanita.

AFC (Asian Football Confederation) telah mengumumkan bahwa Piala Asia 2023 akan melibatkan total 74 ofisial pertandingan, termasuk 35 wasit dan 39 asisten wasit. Jumlah ini adalah yang terbanyak dalam sejarah turnamen ini.



Penting untuk dicatat bahwa Piala Asia 2023 akan menjadi momen sejarah bagi Timnas Indonesia karena pertama kalinya akan ada kehadiran wasit wanita dalam turnamen ini. Sebanyak enam ofisial pertandingan wanita akan berpartisipasi, termasuk wasit berpengalaman seperti Yoshimi Yamashita dari Jepang, yang telah bertugas di turnamen bergengsi seperti Piala Dunia Wanita 2019, Olimpiade Tokyo 2020, dan Piala Dunia 2022.

Selain itu, AFC juga mengumumkan bahwa VAR akan digunakan dalam semua pertandingan Piala Asia 2023. Ini berarti bahwa para pemain Timnas Indonesia akan mengalami VAR untuk pertama kalinya dalam karier mereka, kecuali para pemain yang bermain di luar negeri.

Sebelumnya, VAR telah diuji coba dalam Piala Asia, tetapi hanya pada babak perempat final hingga final dalam edisi sebelumnya di Uni Emirat Arab.

Timnas Indonesia akan berada di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam dalam Piala Asia 2023 yang akan diselenggarakan di Qatar. Mereka juga akan bermain di beberapa stadion Piala Dunia, termasuk Al-Thumama Stadium di Doha.

Timnas Indonesia akan memulai kampanye mereka dengan menghadapi Irak di Ahmad Bin Ali Stadium, Ar Rayyan pada 15 Januari 2024. Kemudian, mereka akan menghadapi Vietnam di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Doha pada 19 Januari 2024, sebelum melawan Jepang di Al-Thumama Stadium, Doha pada 24 Januari 2024.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)