Jordi Amat, Satu-satunya Pemain Indonesia yang Pernah Rasakan Piala Dunia U-17

Minggu, 17 September 2023 - 10:04 WIB
loading...
Jordi Amat, Satu-satunya Pemain Indonesia yang Pernah Rasakan Piala Dunia U-17
Jordi Amat, Satu-satunya Pemain Indonesia yang Pernah Rasakan Piala Dunia U-17
A A A
JAKARTA - Piala Dunia U-17 adalah salah satu turnamen sepak bola paling prestisius untuk pemain muda di seluruh dunia. Setiap edisi turnamen ini memunculkan bakat-bakat masa depan yang siap bersinar di panggung sepak bola internasional. Indonesia, sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, akan menampilkan tim nasional U-17 mereka di turnamen ini. Salah satu pemain Timnas Indonesia senior memiliki pengalaman yang unik, yaitu Jordi Amat.

Jordi Amat, seorang pemain yang sekarang memperkuat Timnas Indonesia , adalah satu-satunya pemain di skuad U-17 yang pernah merasakan atmosfer Piala Dunia U-17 sebelumnya. Sebelum menjadi warga negara Indonesia, Amat memulai kariernya sebagai pemain Spanyol U-17 di Piala Dunia U-17 2009 yang diadakan di Nigeria.



Meskipun tidak termasuk dalam pemain utama Timnas Spanyol U-17, Jordi Amat berhasil tampil dalam lima pertandingan selama turnamen tersebut. Dia bermain melawan Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, Malawi, Uruguay, dan Nigeria. Meskipun bukan pemain pilihan utama, pengalamannya di tingkat internasional pada usia muda telah membentuknya sebagai pemain berkualitas.

Pada Piala Dunia U-17 2009, Spanyol U-17 berhasil mencapai babak semifinal setelah melewati fase grup dengan impresif. Mereka meraih sembilan poin dengan mengalahkan Amerika Serikat, Malawi, dan Uni Emirat Arab. Selanjutnya, mereka melanjutkan ke babak 16 besar dan mengalahkan Uruguay.

Namun, perjalanan mereka dihentikan oleh tuan rumah Nigeria di babak semifinal. Spanyol U-17, yang memiliki pemain-pemain berbakat seperti Koke, Pablo Sarabia, Sergi Roberto, Isco, dan Alvaro Morata, kalah 1-3 dari Nigeria. Meskipun kalah di babak semifinal, mereka berhasil meraih peringkat ketiga dengan mengalahkan Kolombia dalam pertandingan perebutan tempat ketiga.

Jordi Amat tidak hanya bermain di Piala Dunia U-17. Dia juga mewakili Spanyol U-20 dalam Piala Dunia U-20 2011 sebelum memutuskan untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Saat ini, Jordi Amat adalah salah satu pemain kunci dalam timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. Pengalamannya dalam kompetisi internasional dan Piala Dunia U-17 akan memotivasi Timnas Indonesia U-17 yang akan tampil di Piala Dunia U-17 2023.

Indonesia, sebagai tuan rumah, akan berkompetisi di Grup A bersama Maroko, Panama, dan Ekuador. Semua pertandingan Timnas Indonesia U-17 akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Surabaya, Jawa Timur. Semoga Jordi Amat dan Timnas Indonesia U-17 bisa memberikan penampilan gemilang di turnamen ini.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0674 seconds (0.1#10.140)