Petinju Kelas Berat Kamil Sokolowski Dilarang Duel 3 Tahun setelah Positif Doping

Rabu, 20 September 2023 - 14:02 WIB
loading...
Petinju Kelas Berat Kamil Sokolowski Dilarang Duel 3 Tahun setelah Positif Doping
Petinju kelas berat Polandia yang berbasis di Inggris, Kamil Sokolowski dijatuhi hukuman 3 tahun dari badan anti-doping Inggris (UKAD). / Foto: Twitter @GlovesRed
A A A
LONDON - Petinju kelas berat Polandia yang berbasis di Inggris, Kamil Sokolowski dijatuhi hukuman 3 tahun dari badan anti-doping Inggris (UKAD). Petinju 37 tahun ini dinyatakan positif memakai zat terlarang ketika dikalahkan Frazer Clarke pada November tahun lalu.

Dalam pemeriksaan ulang, UKAD kembali menemukan hasil analisis yang tidak sesuai dalam tes urine, setelah laga 6 ronde tersebut.

"Petinju profesional Polandia, Kamil Sokolowski dilarang dari semua cabang olahraga selama 3 tahun setelah Pelanggaran Peraturan Anti-Doping (ADRV) untuk Kehadiran dan Penggunaan Zat Terlarang," bunyi pernyataan UKAD dalam laman resminya yang diakses pada Rabu (20/9/2023).



"Pada 12 November 2022, UK Anti-Doping (UKAD) mengumpulkan sampel urine dalam kompetisi dari Mr. Sokolowski setelah pertarungannya melawan Frazer Clarke di AO Arena di Manchester. Analisis sampel Mr. Sokolowski menghasilkan Temuan Analitik yang Merugikan (Adverse Analytical Findings - AAF) untuk testosteron dan metabolitnya yang berasal dari sumber eksogen," lanjut pernyataan tersebut.

Menurut UKAD, testosteron terdaftar di bawah bagian S1.1 dari Daftar Terlarang Badan Anti-Doping Dunia (WADA) 2022 sebagai steroid androgenik anabolik. "Ini adalah zat yang tidak ditentukan yang, jika diberikan secara eksogen, dilarang dalam olahraga setiap saat," sebut UKAD.

Lebih lanjut, UKAD dalam pernyataannya itu juga menyampaikan bahwa pada 21 April 2023, UKAD memberi tahu Sokolowski tentang AAF dan memberinya penangguhan sementara dari olahraga.

"Mr Sokolowski menanggapi pemberitahuan UKAD pada 30 April 2023 yang mengindikasikan bahwa dia menggunakan suplemen yang dia yakini mengandung zat terlarang yang ditemukan dalam sampelnya," ungkap UKAD.

"Pada 26 Mei 2023, UKAD mendakwa Sokolowski dengan tuduhan ADRV untuk keberadaan dan penggunaan zat terlarang. Mr Sokolowski mengakui ADRV dan menerima periode ketidaklayakan yang dinyatakan. Sesuai dengan ADR Pasal 10.8.1, Mr Sokolowski dapat mengurangi periode ketidaklayakan selama 4 tahun yang dituduhkan menjadi 3 tahun, setelah mengakui pelanggaran dan menerima periode ketidaklayakan yang dituduhkan dalam waktu 20 hari sejak surat tuntutan."



Sokolowski sendiri bukanlah petinju yang diperhitungkan di dalam divisi kelas berat di Britania Raya maupun Eropa. Sejak debut pada 6 September 2014, petarung kelahiran 17 April 1986 itu telah membukukan rekor 11-28-3 (4KO). Dengan dihukum 3 tahun larangan bertanding, maka Sokolowski akan kembali naik ring ketika usianya telah kepala empat.

Namun, Sokolowski dikabarkan telah gantung sarung tinju usai kekalahan dari Dusan Veletic pada April lalu.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2740 seconds (0.1#10.140)