Lima Cerita Menarik Zinedine Zidane

Senin, 03 Agustus 2020 - 04:04 WIB
loading...
Lima Cerita Menarik Zinedine Zidane
Zidane tak dapat dipungkiri lagi adalah salah satu sosok terhebat dalam sejarah sepak bola. Foto: IST
A A A
MADRID - Setelah membantu Real Madrid memenangkan gelar La Liga Spanyol 2019/2020, Zinedine Zidane semakin diperhitungkan dalam dunia sepak bola. Pria berdarah Aljazair berkebangsaan Prancis rupanya punya sederet cerita menarik yang sayang jika terlewatkan.

Untuk lebih memahami sosok Zinedine Zidane, berikut sejumlah fakta menarik pelatih Real Madrid tersebut dikutip laman resmi La Liga. (Lihat Grafis: Waspada Berolahraga di Tengah Wabah )

Sebagai pelatih Real Madrid, ia rata-rata meraih satu trofi tiap 19 pertandingan:
Lima Cerita Menarik Zinedine Zidane

Gelar LaLiga Santander 2019/20 adalah gelar ke-11 Zinédine Zidane sebagai pelatih Real Madrid dalam kurun 3,5 musim, sebuah catatan luar biasa dengan rataan satu trofi setiap 19 pertandingan. Meskipun ia mungkin kalah di babak gugur Liga Champions musim ini, ia adalah satu-satunya pelatih yang menjuarai Liga Champions tiga musim beruntun.

Ia adalah pelatih asal Perancis pertama bagi Real Madrid:
Lima Cerita Menarik Zinedine Zidane

Real Madrid memiliki banyak pemain asal Perancis dan mereka telah dilatih oleh pelatih dari 16 negara berbeda. Zidane adalah pelatih asal Perancis pertama untuk Real Madrid. (Baca Juga: Real Madrid Pakai Seragam Anyar )

Hanya satu trofi yang belum dimenangkannya:
Lima Cerita Menarik Zinedine Zidane

Zidane telah memenangi hampir semua gelar yang ada di sepak bola, mulai dari Piala Dunia, Liga Champions, Ballon d’Or, hingga berbagai gelar domestik lainnya. Namun ia belum pernah menjuarai Copa del Rey, baik sebagai pelatih maupun pemain. Real Madrid memang menjuarai Copa del Rey 2014, tapi saat itu ia berstatus sebagai asisten pelatih bagi Carlo Ancelotti, dan hingga saat ini ia belum berhasil menjuarai gelar tersebut sebagai pelatih utama.

Anak-anak laki-lakinya juga menekuni dunia sepak bola:
Lima Cerita Menarik Zinedine Zidane

Zidane memiliki empat anak laki-laki, yang semuanya menimba karir sebagai pesepak bola. Enzo bermain sebagai gelandang untuk klub Almeria UD, dan sedang membantu timnya promosi ke LaLiga Santander dari LaLiga SmartBank. Luca adalah seorang penjaga gawang, dan saat ini sedang dipinjamkan Real Madrid ke Racing Santander, sedangkan Theo dan Elyaz masih menimba ilmu di akademi Los Blancos.

Ia adalah orang Perancis paling populer sepanjang sejarah:
Lima Cerita Menarik Zinedine Zidane

Pada tahun 2004, media cetak asal Perancis, Le Journal du Dimanche, mengadakan sebuah poling dan Zidane terpilih sebagai orang Perancis paling populer sepanjang sejarah. Poling tersebut tak hanya diisi oleh bintang-bintang olahraga, akan tetapi seluruh tokoh-tokoh masyarakat, dan kemampuan sepak bola Zidane membuatnya terpilih mengungguli sosok-sosok ikonik lainnya. Saat itu, Zidane menjelaskan bagaimana bangganya ia dapat terpilih, mengingat latar belakangnya sebagai seorang imigran, dan hasil tersebut menggambarkan pentingnya keharmonisan antar ras di Perancis saat ini.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2236 seconds (0.1#10.140)