Race 1 WSBK Inggris 2017: Tuan Rumah Sapu Bersih Podium Juara

Sabtu, 27 Mei 2017 - 22:07 WIB
Race 1 WSBK Inggris 2017: Tuan Rumah Sapu Bersih Podium Juara
Race 1 WSBK Inggris 2017: Tuan Rumah Sapu Bersih Podium Juara
A A A
DONINGTON PARK - Awan mendung di sepanjang lomba, menambah dramatis jalannya pertarungan antar pembalap Superbike di Race 1 WSBK Inggris 2017. Tom Sykes mencatat kemenangan ke-9 secara beruntun di sirkuit Donington Park, Sabtu (27/5/2017) malam WIB dalam finis podium 1-3 di sapu bersih pembalap Britania Raya.

Namun kemenangan ini tidak diraih dengan mudah oleh Tom. Karena pembalap tim Kawasaki Racing itu harus bekerja ekstra gigih buat mendapatkannya.

Walau start dari pole, Sykes kehilangan posisinya ketika diambil alih Chaz Davies di tikungan pertama. Jonathan Rea di posisi ketiga di depan Marco Melandri, sementara Alex Lowes melebar karena terdesak manuver Leon Haslam yang menyodok Eugene Laverty.

Dua lap berikutnya, Davies mulai membuat jarak dari kejaran Sykes dan Rea, terutama sang juara dunia bertahan yang naik ke posisi kedua. Pembalap Ducati itu lalu unggul 0,712 detik atas duo Kawasaki pada Lap 4.
Chaz Davies (tim Aruba.it Ducati) saat terjatuh dalam lomba Race 1 WSBK 2017. (Foto-WSBK)
Di saat tampaknya Davies nyaman memimpin balapan, drama terjadi pada akhir lap 7. Tepatnya di tikungan 12, pembalap tim Aruba.it Ducati tersebut terjatuh. Kendati dapat melanjutkan balapan, namun jarak Davies sudah terpaut jauh dari Rea yang langsung memegang kendali di depan.

Akan tetapi, Rea tak sepenuhnya aman berada di posisi terdepan. Sykes tampak ngotot untuk mengejar dan mampu memangkas jarak,lalu mulai membayangi rekan setimnya itu pada lap 12. Duel antar pembalap Kawasaki pun tak terhindarkan. Beberapa kali terjadi aksi overtaking di antara keduanya.
Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team) terjatuh di sisa tiga putaran Race 1 WSBK Inggris 2017. (Foto-WSBK)
Pada tiga lap terakhir, terjadi drama lagi. Rea terjatuh di tikungan 3 saat memimpin balapan. Sykes pun tak menyia-nyiakan kesempatan yang ada untuk merebut posisi terdepan, dan mempertahankannya hingga melewati garis finis. Ini merupakan kemenangan perdana bagi Sykes pada musim 2017. Kemenangan pada Race 1 juga mempertahankan rekor tak terkalahkan di Donington Park menjadi sembilan kali.
Selebrasi Tom Sykes usai jadi pembalap terdepan yang melintasi garis finis Race 1 WSBK Inggris 2017. (Foto-WSBK)
Podium kedua secara mengejutkan ditempati Haslam, yang di WSBK Inggris ini turun dengan status wild card. Lowes membuat comeback heroik dengan keberhasilan merebut podium ketiga, usai mengalahkan Melandri dan rekan setimnya di Yamaha, Michael van der Mark.

Leon Camier finis keenam, di depan Leandro Mercado. Sementara itu, Davies meraih hasil finis kedelapan. Hasil yang terbilang positif, mengingat ia sempat terjatuh saat balapan. Jordi Torres finis kesembilan dan Xavi Fores melengkapi 10 besar. Hasil tak memuaskan diraih Stefan Bradl. Pembalap Honda WSBK ini dipaksa tak dapat menyelesaikan balapan karena masalah pada tunggangannya.

Dengan hasil ini, Rea masih memimpin klasemen sementara dengan 235 poin. Sykes naik ke peringkat kedua (185 poin), menggusur turun Davies di peringkat ketiga (169 poin). Adapun Race 2 WSBK Inggris 2017 akan digelar pada Minggu (28/5), pukul 21:00 WIB.

Hasil Race 1 WSBK Inggris di sirkuit Donington Park, Sabtu (27/5) malam WIB:
Hasil Race 1 WSBK Inggris 2017 di sirkuit Donington Park. (Foto-Crash.net)
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2914 seconds (0.1#10.140)