7 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis untuk Kesehatan Tubuh

Senin, 25 September 2023 - 20:31 WIB
loading...
A A A
Bulu tangkis meningkatkan kebugaran fisik, sehingga membantu mengurangi stres dan kecemasan. Olahraga ini meningkatkan endorfin, yang merupakan neurotransmitter perasaan nyaman di otak dan mampu meningkatkan suasana hati dan tidur.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dalam meningkatkan metabolisme tubuh, bulu tangkis membantu meningkatkan fungsi kardio paru. Hal tersebut membuat tubuh berkeringat secara alami. Keringat berfungsi mengeluarkan racun dari dalam tubuh, serta memberikan efek detoksifikasi.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Bulu tangkis ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi otak. Hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya sirkulasi darah, termasuk yang menuju otak. Kondisi ini ternyata akan berimbas positif bagi kinerja saraf dan transmitter di dalamnya. Bahkan, rutin melakukannya disebut-sebut bisa membuat massa otak semakin meningkat.

Jika Anda melakukan olahraga kardio seperti bulu tangkis selama 30 menit saja sekitar 5 kali dalam sepekan, maka kemampuan kognitif otak akan meningkat dengan drastis. Hal ini akan berimbas pada kemampuan berpikir, berkonsentrasi, mengingat, hingga mendapatkan ide-ide baru semakin membaik. Selain itu, rutin melakukannya juga bisa membantu menurunkan risiko terkena demensia di usia lanjut.

6. Mencegah Penyakit Jantung

Setiap olahraga memberi kontribusi pada kesehatan. Namun, bulu tangkis merupakan olahraga yang bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi jantung. Saat melakukan olahraga ini, otot jantung akan terlatih. Selain itu, badminton akan menurunkan kolesterol yang memang merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu pemicu sejumlah penyakit serius, seperti stroke dan penyakit jantung. Meskipun ada banyak merk obat hipertensi yang dijual di pasaran, menggunakan cara alami tentu akan lebih baik bagi tubuhmu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)