Puja Puji Setinggi Langit untuk Sanggoe Darma usai Perak Asian Games 2022

Jum'at, 29 September 2023 - 03:03 WIB
loading...
Puja Puji Setinggi Langit untuk Sanggoe Darma usai Perak Asian Games 2022
Atlet skateboard Indonesia, Sanggoe Darma Tanjung berhasil merebut medali perak di nomor mens street Asian Games 2022 di Hangzhou, China. / Foto: NOC Indonesia
A A A
HANGZHOU - Atlet skateboard Indonesia, Sanggoe Darma Tanjung berhasil merebut medali perak di nomor men's street Asian Games 2022 di Hangzhou, China. Kesuksesan Sanggoe itu pun mendapat apresiasi yang sangat tinggi dari Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia, Basuki Hadimuljono.

Bukan tanpa alasan Basuki memberikan pujian setinggi langit buat Sanggoe. Ya, tidak mudah perjuangan atlet 21 tahun itu dalam meraih prestasi. Sanggoe menghadapi Asian Games 2022 tanpa didampingi pelatih. Selain itu, dia juga tidak melakukan persiapan yang panjang, sebagaimana atlet-atlet lainnya.

"Kita bersyukur Sanggoe dapat perak, apapun alasannya tapi ini adalah hasilnya. Tapi semua tahu mungkin he's better. Sanggoe ini sudah hebat, tidak ada pelatih, tidak ada program bisa dapat perak, orang lain sudah TC di mana-mana," jelas Basuki dalam keterangan resmi NOC Indonesia, Kamis (28/9/2023).



Tampil di Qiantang Roller Sports Center, Sanggoe memulai run pertamanya dengan baik dan mendapatkan 62,54 poin. Di run kedua, dia mampu melakukan trick andalan guna maeraih poin lebih besar, 64,77.

Di nomor trick, Sanggoe menyelesaikan 2 trick terbaik dari 5 kesempatan yang diberikan, dengan skor 68,08 di percobaan trick kedua, dan 67,78 di percobaan ketiga. Sanggoe gagal di percobaan trick pertama, keempat dan kelima.

Total, Sanggoe memperoleh 200,63 poin untuk memastikan medali perak. Skateboarder tuan rumah China, Zhang Jie berhak atas medali emas dengan total poin 231,14 dan medali perunggu direbut wakil tuan rumah lainnya, Su Jianjun dengan 195,73 poin.

Sanggoe juga berhasil mengalahkan Ginu Onodera, peringkat ketiga dunia asal Jepang. Ginu yang juga merupakan pro player skateboard itu finis di urutan ketujuh dengan raihan 76,39 poin.

"Tadi saya kira dia (Ginu) yang dapat medali emas. Tapi setiap pemain karakternya beda-beda, lebih karena sering latihan tiap hari. Kalau saya main skate belajar otodidak dari umur 5 tahun," beber Sanggoe.



Sementara itu, Indonesia sejauh ini menduduki peringkat ke-10 dalam daftar perolehan sementara medali Asian Games 2022. Pasukan Merah Putih total mengumpulkan 15 medali yang terdiri dari 3 emas, 3 perak, dan 9 perunggu.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)