Perbandingan Saul Canelo Alvarez vs Jermell Charlo yang Akan Tarung Akhir Pekan Ini

Jum'at, 29 September 2023 - 17:05 WIB
loading...
Perbandingan Saul Canelo Alvarez vs Jermell Charlo yang Akan Tarung Akhir Pekan Ini
Perbandingan Saul Canelo Alvarez vs Jermell Charlo yang akan tarung akhir pekan ini menarik untuk diketahui para penggemar olahraga, terutama pecinta tinju. / Foto: Instagram @canelo
A A A
JAKARTA - Perbandingan Saul Canelo Alvarez vs Jermell Charlo yang akan tarung akhir pekan ini menarik untuk diketahui para penggemar olahraga, terutama pecinta tinju. Anda yang belum tahu, kedua petarung beda negara ini sama-sama juara tak terbantahkan di divisinya masing-masing.

Canelo, yang berasal dari Meksiko, merupakan juara dunia kelas menengah super tak terbantahkan (IBF/WBC/WBO/WBA Super). Sedangkan, Jermell Charlo, petinju berkebangsaan Amerika Serikat, adalah juara tak terbantahkan di divisi kelas welter super atau kelas menengah junior.

Mereka berdua bakal beradu jotos di dalam ring T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat, Sabtu (30/9/2023) waktu setempat atau Minggu (1/10/2023) WIB. Pada pertarungan tersebut, Canelo akan mempertaruhkan seluruh mahkota juaranya.



Dengan kata lain, Jermell Charlo harus naik dua divisi untuk menantang Canelo. Tentunya itu bukanlah perkara yang mudah buat saudara kembar juara dunia kelas menengah WBC, Jermall Charlo tersebut. Pasalnya, Jermell harus menaikkan bobotnya lebih dari 6 kg.

Akan tetapi, hal itu tidak menjadi penghalang buat Jermell Charlo, lantaran keinginan kuatnya untuk mengalahkan Canelo sekaligus menjadi juara tak terbantahkan di dua divisi berbeda.

Sebelum menyaksikan kedua juara tak terbantahkan beda divisi itu berlaga di dalam ring, ada baiknya untuk menyimak perbedaan kedua petinju ini.

Perbandingan Saul Canelo Alvarez vs Jermell Charlo

Usia dan Debut Tinju Profesional


Dari sisi usia, kedua petinju ini sama-sama berusia 33 tahun. Canelo lahir di Guadalajara, Meksiko, 18 Juli 1990. Sementara Jermell lahir di Lafayette, Louisiana, Amerika Serikat, pada 19 Mei 1990. Dengan kata lain, Jermell lebih tua 2 bulan dari Canelo.

Meskipun begitu, bicara soal debut tinju profesional, Canelo sudah menjajal ring tinju bayaran sejak 29 Oktober 2005. Kala itu, Canelo yang masih berusia 15 tahun mampu mencetak kemenangan TKO di ronde keempat atas Abraham Gonzalez dalam duel kelas ringan super atau kelas welter junior.

Perbandingan Saul Canelo Alvarez vs Jermell Charlo yang Akan Tarung Akhir Pekan Ini
(Foto: Instagram @canelo)

Berbeda dengan Jermell Charlo. Petinju berjuluk Iron Man ini baru melakukan laga tinju profesional perdana pada 8 Desember 2007 atau ketika sudah berusia 17 tahun. Saat itu, Jermell menyudahi pertarungan debutnya yang berlangsung 4 ronde dengan kemenangan angka mutlak atas Corey Sommerville.

Gelar Juara Dunia Pertama


Canelo kali pertama merebut gelar dunia tinju pada 5 Maret 2011 melalui kemenangan angka mutlak atas Matthew Hatton. Saat itu, kedua petinju tersebut memperebutkan sabuk juara kelas welter super WBC yang lowong. Selanjutnya, dia mampu mempertahankannya selama 5 kali, sebelum mengawinkan gelarnya itu dengan sabuk WBA usai kemenangan atas Austin Trout pada April 2013.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)