PSSI Jajaki Kemungkinan Naturalisasi Pemain Setelah Jay Idzes

Selasa, 03 Oktober 2023 - 07:02 WIB
loading...
PSSI Jajaki Kemungkinan Naturalisasi Pemain Setelah Jay Idzes
PSSI Jajaki Kemungkinan Naturalisasi Pemain Setelah Jay Idzes
A A A
JAKARTA - Setelah Jay Idzes berada dalam proses naturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia ( WNI ), PSSI kini juga sedang menjajaki pemain keturunan lain yang berpotensi untuk dinaturalisasi. Arya Sinulingga, anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, mengungkapkan tantangan dalam proses naturalisasi pemain ini, terutama terkait kelengkapan dokumen dan darah keturunan Indonesia.

Arya mengakui bahwa mencari pemain untuk dinaturalisasi bukan tugas yang mudah. Terkadang, pemain yang diinginkan menghadapi kendala terkait dokumen yang tidak lengkap. Meskipun begitu, Arya tidak menyebutkan secara spesifik siapa pemain keturunan yang menjadi target PSSI setelah Jay Idzes.

"Harus ada darah Indonesia, itu ada juga yang dia (pemain keturunan) dokumennya enggak ada (kurang lengkap), harus dicari solusinya. Siapa (pemain yang akan dinaturalisasi) tunggu aja tanggal mainnya," kata Arya.



Meskipun Arya tidak merinci pemain yang akan dinaturalisasi selanjutnya, nama bek berusia 20 tahun, Ryan Flamingo, menjadi salah satu yang diperbincangkan. Saat ini, Ryan bermain untuk FC Utrecht sebagai pemain pinjaman dari Sassuolo.

Proses naturalisasi Jay Idzes dikabarkan sudah sampai ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI). Proses ini diharapkan segera selesai, sehingga Idzes dapat bergabung dengan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang akan berlangsung di Qatar.

PSSI berharap naturalisasi pemain seperti Jay Idzes dan potensi pemain keturunan lainnya dapat memperkuat Timnas Indonesia dalam kompetisi internasional, seperti Piala Asia 2023. Timnas Indonesia tergabung dalam Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam dalam ajang tersebut.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1265 seconds (0.1#10.140)