Jermell Charlo Turun Lagi ke Kelas 69,8 Kg, Tantang Tim Tszyu

Selasa, 03 Oktober 2023 - 14:20 WIB
loading...
Jermell Charlo Turun Lagi ke Kelas 69,8 Kg, Tantang Tim Tszyu
Jermell Charlo Turun Lagi ke Kelas 69,8 Kg, Tantang Duel Tim Tszyu/Boxing Scene
A A A
Jermell Charlo kembali turun ke kelas welter super 69,8 kg setelah kekalahan dari Saul Canelo Alvarez sambil menyinggung Tim Tszyu sebagai calon lawan berikutnya. Jermell Charlo menaikkan berat badannya hingga 76,2 kg demi sebuah kesempatan untuk meningkatkan karier dan uangnya, bukan karena kebutuhan.

Bahkan di usianya yang ke-33, Jermell Charlo masih dapat berkompetisi dengan nyaman dalam divisi yang menjadi sumber penghasilannya selama hampir 15 tahun karier profesionalnya. Ia mengumumkan setelah kekalahan angka dari Saul Canelo Alvarez pada Sabtu malam lalu di T-Mobile Arena, bahwa ia akan kembali ke kelas 69,8 kg untuk pertarungan berikutnya, mungkin melawan pemenang dari laga Tim Tszyu vs Brian Mendoza. "Saya akan kembali turun ke kelas 69,8 kg," kata Charlo dalam konferensi pers setelah laga pada Sabtu malam.



Sebelum pertarungannya dengan Saul Canelo Alvarez (60-2-2, 39 KO), Jermell Charlo tidak pernah menimbang berat badannya lebih dari 70 kg dalam pertarungan profesionalnya. Berat badannya secara resmi mencapai rekor tertinggi dalam karirnya, yaitu 75,9 KG pada Jumat pagi, namun ia mengakui bahwa ia "sedikit" lamban saat bertarung melawan Canelo Alvarez dengan berat badan yang jauh lebih tinggi dari yang biasa ia lakukan. "Jadi, itu akan menjadi sesuatu yang besar. Saya bisa melakukannya. Ya, saya bisa membuat berat badan saya lebih ringan,"ujarnya.

Charlo yang berpostur 182 cm atau 10 cm lebih tinggi dari Canelo Alvarez, namun pukulan keras dan kenyamanan bertanding Canelo di kelas menengah super membuat Charlo enggan untuk bertarung dengan juara tak terbantahkan seberat 76 kg itu selama sebagian besar dari 12 ronde pertarungan mereka.

Pukulan kanan Canelo Alvarez membuat Charlo berlutut di awal ronde ketujuh, yang membantunya mengalahkan Charlo dengan selisih yang cukup jauh berdasarkan penilaian juri Max De Luca (118-109), David Sutherland (118-109), dan Steve Weisfeld (119-108). Meski demikian, Charlo tetap dapat turun kembali ke dua kelas dan mempertahankan gelar juara IBF, WBA dan WBC kelas 69,8 kg pada pertarungan berikutnya.

Petinju asal Houston ini memasuki ring sebagai juara dunia tinju kelas 69,8 kg yang tak terbantahkan, namun WBO mencopot gelarnya setelah itu dan mengangkat Tszyu dari juara sementara kelas welter super menjadi juara penuh. Tszyu yang berasal dari Australia (23-0, 17 KO) akan mempertahankan gelar tersebut melawan juara interim kelas welter super WBC Brian Mendoza (22-2, 16 KO) pada tanggal 15 Oktober di Gold Coast Convention and Exhibition Centre, Broadbeach, Australia.

Mencoba untuk membangun kembali statusnya sebagai juara yang tak terbantahkan akan menjadi alasan yang tepat untuk kembalinya Charlo ke atas ring. "Saya hanya mengikuti rencana dan bertarung dengan siapa pun," kata Charlo.



"Jelas, kita bisa melihat [hal itu]. Ini adalah tentang menjadi hebat dan menjadi legenda dalam tinju. Semoga kalian memasukkan saya ke dalam Hall of Fame. Saya tidak tahu siapa yang mengendalikan itu, namun saya layak mendapatkannya. Dan mungkin aku akan kembali di kelas 69,8 kg. Saya hanya akan mendengarkan para pelatih saya dan jika Tim Tszyu yang berikutnya, maka saya akan ikut,"lanjutnya.

Tim Tszyu yang berasal dari Sydney ini terdaftar di bursa taruhan DraftKings sebagai unggulan 7-1 untuk mengalahkan Mendoza, yang mengalahkan Sebastian Fundora (20-1-1, 13 KO) melalui KO pada ronde ketujuh dalam laga terakhirnya. Ketika ditanya apakah menjadi juara dunia kelas 69,8 kg yang tak terbantahkan lagi adalah hal penting baginya, Charlo punya jawaban.

"Tentu saja, Anda tahu, tetapi, Anda tahu, ini tentang, Anda tahu, bertarung dalam pertarungan terbaik dan menghasilkan uang paling banyak pada saat ini dalam hidup dan karier saya. Jadi, bertarung melawan, Anda tahu, Brian Mendoza, Tszyu, Anda tahu, yang memiliki basis penggemar di Australia, Anda tahu, terkadang tidak memuaskan bagi saya. Namun seperti yang saya katakan, saya mendengarkan para pelatih saya, mengikuti rencana manajemen saya, dan pergi dari sana,"jelasnya.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1968 seconds (0.1#10.140)