Wah Keren! Pembalap MotoGP Diajak Tanam Terumbu Karang Sebelum Mengaspal di Sirkuit Mandalika

Rabu, 04 Oktober 2023 - 03:03 WIB
loading...
Wah Keren! Pembalap MotoGP Diajak Tanam Terumbu Karang Sebelum Mengaspal di Sirkuit Mandalika
Pembalap MotoGP Diajak Tanam Terumbu Karang Sebelum Mengaspal di Sirkuit Mandalika. Foto: REUTERS
A A A
JAKARTA - MotoGP Indonesia 2023 akan menghadirkan keseruan sebelum race dimulai. Pasalnya, para pembalap diajak menanam terumbu karang sebagai bagian dari pelestarian lingkungan sekaligus pariwisata laut.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Ari Respati, telah mengumumkan rencana unik yang akan diterapkan untuk para pembalap MotoGP sebelum mereka tampil di MotoGP Mandalika 2023. Menurutnya, Fabio Quartararo dan rekan-rekannya akan terlibat dalam kegiatan penanaman terumbu karang sebelum mereka beraksi di sirkuit yang menjadi kebanggaan Indonesia tersebut.



Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menjadi tuan rumah seri ke-16 MotoGP pada 13-15 Oktober mendatang. Sebelum balapan dimulai, para pembalap akan mengikuti parade, sebuah tradisi yang sudah berlangsung sejak tahun lalu. Namun, untuk parade MotoGP Mandalika 2023, acaranya tidak akan berlangsung di Jakarta seperti tahun sebelumnya. Sebaliknya, parade ini akan dilaksanakan di Kota Mataram.

Ari Respati menjelaskan bahwa pihaknya ingin memberikan pengalaman berbeda kepada pembalap MotoGP. Oleh karena itu, Fabio Quartararo dan rekan-rekannya akan terlibat dalam kegiatan penanaman terumbu karang sehari setelah mengikuti parade di Kota Mataram.

"Nantinya akan ada parade bus di Kota Mataram, yang akan berlangsung pada hari Rabu, dan pada Kamis-nya, para pembalap akan terlibat dalam kegiatan penanaman terumbu karang yang diikuti oleh semua pembalap. Jadi, selain sebagai acara olahraga, ini juga mencakup aspek pariwisata olahraga," kata Ari Respati dalam pernyataannya kepada awak media, termasuk SINDOnews, Selasa (3/10/2023).

Sementara itu, Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, menjelaskan bahwa sebelum balapan dimulai, para pembalap MotoGP akan mengelilingi Sirkuit Mandalika dengan naik truk. Selain itu, para penonton yang membeli tiket khusus akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan pembalap-pembalap idolanya.

"Kami memiliki truk yang akan digunakan untuk mengelilingi sirkuit. Di Indonesia, truk seperti ini tidak umum, jadi kami menciptakan sesuatu yang berbeda. Truk tersebut pendek dan dapat menampung sekitar 30 orang penonton. Ini akan digunakan untuk mengelilingi sirkuit sehingga para penonton bisa lebih dekat dengan pembalap," ungkapnya.

"Mereka akan mengitari seluruh sirkuit, keluar dari pit, dan berjalan di depan paddock sebelum berhenti di suatu titik di mana penggemar yang membeli tiket kategori tertentu bisa bertemu langsung dengan pembalap-pembalap tersebut," tambahnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2645 seconds (0.1#10.140)