Putra Mahkota Dukung Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 00:31 WIB
loading...
Putra Mahkota Dukung Arab Saudi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034
Arab Saudi dilaporkan telah mengajukan proposal kepada induk organisasi sepak bola dunia (FIFA) untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. / Foto: ilustrasi/USA Today
A A A
ZURICH - Arab Saudi dilaporkan telah mengajukan proposal kepada induk organisasi sepak bola dunia (FIFA) untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Pengajuan itu dilakukan setelah FIFA resmi mengonfirmasi Piala Dunia 2030 digelar di 6 negara.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, FIFA telah mengumumkan 6 negara dari 3 benua sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030. Keennam negara itu antara lain Argentina, Paraguay, Uruguay, Maroko, Portugal, dan Spanyol.

Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) tentunya memiliki alasan mengapa mengajukan diri sebagai tuan rumah pesta sepak bola dunia tersebut.



"(Kami) berniat menyelenggarakan turnamen kelas dunia dan akan mengambil inspirasi dari transformasi sosial dan ekonomi yang sedang berlangsung di Arab Saudi, serta kecintaan negara tersebut terhadap sepak bola," sebut SAFF, seperti dikutip The National News, Kamis (5/10/2023).

Keinginan tersebut dikuatkan putra mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, dan Menteri Olahraga Arab Saudi Pangeran Abdul Aziz bin Turki Al Faisal. Mereka berdua sepakat penyelenggaraan turnamen kelas dunia sebagai upaya mengenalkan budaya Arab Saudi dan membantu perkembangan sepak bola mereka.

"Keinginan Arab Saudi untuk mengajukan penawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034 adalah cerminan kemajuan negara tersebut di semua sektor. Kerajaan ini dengan cepat muncul sebagai pusat terkemuka dan tujuan internasional untuk menyelenggarakan acara-acara besar berkat dukungannya, warisan budaya yang kaya, kekuatan ekonomi dan ambisi masyarakatnya," jelas Mohammed bin Salman.

"Menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA pada 2034 akan membantu kita mencapai impian menjadi negara terkemuka dalam olahraga dunia dan akan menandai tonggak penting dalam transformasi negara ini. Sebagai rumah baru dan ramah bagi semua olahraga, kami percaya bahwa menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA adalah langkah alami berikutnya dalam perjalanan sepak bola kami," sahut Abdul Aziz.

Baca Juga: Edisi Bersejarah, Piala Dunia 2030 Bakal Digelar di 6 Negara

Kendati demikian, permohonan Arab Saudi tentu tidak langsung dikabulkan FIFA. Arab Saudi disebut-sebut harus bersaing dengan Australia untuk memperebutkan tiket sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)