Miris, Baru Kali Ini Bulu Tangkis Indonesia Pulang dengan Tangan Kosong di Asian Games

Kamis, 05 Oktober 2023 - 21:39 WIB
loading...
Miris, Baru Kali Ini Bulu Tangkis Indonesia Pulang dengan Tangan Kosong di Asian Games
Kekalahan Gregoria Mariska yang jadi harapan terakhir menjadi catatan merah bagi Indonesia, karena untuk kali pertama bulu tangkis pulang tanpa medali. / Foto: PBSI
A A A
HANGZHOU - Pebulu tangkis Tanah Air, Gregoria Mariska Tunjung menderita kekalahan dari wakil Jepang, Aya Ohori di perempat final Asian Games 2022 , Kamis (5/10/2023) malam WIB. Padahal, Gregoria menjadi tumpuan terakhir Indonesia membawa pulang medali dari cabang olahraga bulu tangkis.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, Gregoria harus mengakui keunggulan Aya Ohori dua set langsung 10-21, 19-21.

Kekalahan Gregoria itu pun menjadi catatan merah bagi kontingen Indonesia, karena untuk kali pertama bulu tangkis pulang tanpa medali dari Asian Games.



Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting yang tampil di tunggal putra juga tumbang di perempat final. Kemudian, pebulu tangkis dari nomor lainnya sudah lebih dulu berguguran.

Kekalahan Gregoria menandakan sejarah baru bagi kontingen Indonesia. Ya, untuk kali pertama kontingen Indonesia gagal mendapatkan medali dari cabor bulu tangkis yang digelar sejak tahun 1962 di Jakarta, Indonesia.

Untuk diketahui, setelah dilangsungkan pada edisi pertama, kontingen Indonesia selalu mendapatkan medali dari cabor bulu tangkis dari berbagai nomor. Saat ini, kontingen Indonesia sudah mengumpulkan total 99 medali yang terdiri dari 28 emas, 27 perak, dan 44 perunggu.

Kontingen Indonesia tercatat sebagai pemegang medali cabor bulu tangkis kedua terbanyak. Hingga Asian Games 2018, Indonesia hanya tertinggal dari China yang mampu mencatatkan 109 medali selama mengikuti turnamen tersebut.



Pada Asian Games edisi sebelumnya, kontingen Indonesia berhasil mendapatkan 2 medali emas dari nomor tunggal putra dan ganda putra, dua perak, dan 4 perunggu. Tentunya, catatan merah ini bisa menjadi evaluasi bagi tim bulu tangkis kontingen Indonesia.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)