PPE 2023 Dukung Talenta Muda dan Pengembangan Esports Tanah Air

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 16:36 WIB
loading...
PPE 2023 Dukung Talenta Muda dan Pengembangan Esports Tanah Air
Puncak turnamen Piala Presiden Esports 2023 ini akan berlangsung pada 21-22 Oktober 2023 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat. / Foto: ist
A A A
BOGOR - Piala Presiden Esports (PPE) selama 5 tahun penyelenggaraannya memiliki beberapa fokus utama. Selain mencari talenta baru, PPE tahun ini juga berupaya menunjukkan kualitas SDM Indonesia yang mampu menggelar turnamen dengan skala yang sangat besar.

Turnamen ini sejak kali pertama digelar pada 2019 mampu membuktikan jika Indonesia memiliki SDM bertalenta di dalam industri esports yang kini tengah berkembang dengan sangat pesat. Selain pemain yang berlaga, SDM berkualitas asal Indonesia juga banyak yang terlibat dan berkarya di belakang layar Piala Presiden Esports.

Tenaga Ahli Utama Bidang Olahraga dan Pemuda Kantor Staf Presiden Republik Indonesia, Agung Hardjono mengungkapkan jika Pemerintah RI siap mendukung perkembangan industri esports di Tanah Air. Esports dipandang telah berdampak positif terhadap generasi muda, salah satunya melalui Piala Presiden Esports 2023.



Dia pun berharap akan semakin banyak SDM berkualitas, baik dari sisi atlet maupun industri kreatif, yang akan lahir dari kejuaraan ini. "Esports merupakan salah satu industri yang memiliki perkembangan paling pesat di Indonesia, lewat berbagai prestasi yang berhasil dicapai oleh atlet esports Indonesia," ujar Agung dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

Menurutnya, Pemerintah RI berkomitmen untuk terus mengembangkan ekosistem industri esports dan gim nasional, agar berdampak positif dan added-value bagi bonus demografi Indonesia.

Dalam pengembangan tersebut, Kantor Staf Presiden RI (KSP) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI (Kemendikbudristek), dan KINCIR menggelar Esports Next. Melalui acara itu, juga dilakukan kunjungan kinetik ke Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Ciomas.

"Melalui Piala Presiden Esports 2023, dukungan untuk SMKN 1 Ciomas dapat menambah potensi siswa-siswi untuk meraih masa depan gemilang, baik dalam sektor kreatif maupun profesi lainnya yang berkaitan dengan industri esports dan gim," paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Piala Presiden Esports 2023, Agung Rusmana menyampaikan jika industri esports tidak berkutat di sekitaran pemain dan pelatih saja. "Lewat Esports Next kami melihat banyak sekali talenta baru yang kelak mewarnai industri gim dan esports, lewat bidang pengembang gim, broadcasting, dan animasi," ujarnya.



Sementara itu, dua gim lokal, Lokapala dan Battle of Guardians turut dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2023. Puncak turnamen PPE 2023 ini sendiri akan berlangsung pada 21-22 Oktober 2023 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta Pusat.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2932 seconds (0.1#10.140)