Pemandu Bakat Asing Beberkan Kelebihan dan Kelemahan Rafael Struick, Gimana Hasilnya?

Minggu, 08 Oktober 2023 - 12:00 WIB
loading...
Pemandu Bakat Asing Beberkan Kelebihan dan Kelemahan Rafael Struick, Gimana Hasilnya?
Rafael Struick mulai dilirik Emirhan selaku pemandu bakat asing. Dalam salah satu tulisannya di media sosial X (@EKscouting), dia menulis beberapa catatan mengenai pemain keturunan Indonesia / Foto: Instagram Rafael Struick (@rafaelstruick)
A A A
DEN HAAG - Rafael Struick mulai dilirik Emirhan selaku pemandu bakat asing. Dalam salah satu tulisannya di media sosial X (@EKscouting), dia menulis beberapa catatan mengenai pemain keturunan Indonesia.

Saat ini, Struick sedang memperkuat ADO Den Haag di Eerste Divisie atau Divisi 2 Liga Belanda. Penyerang berusia 20 tahun itu menjadi salah satu talenta berbakat milik Indonesia.

Sejauh ini Struick sudah bermain tiga pertandingan bersama ADO Den Haag, dan belum menyumbangkan gol ataupun assist. Kendati demikian, EKscouting memberikan rating 7,6 kepada penyerang bertinggi 187cm tersebut.



EKscouting mengakui Struick mampu memanfaatkan tubuhnya dengan baik untuk menjaga bola dari lawan serta sering menang, ketika duel satu lawan satu. Selain itu, EKscouting pergerakan tanpa bola Struick membuat rekannya mendapatkan keuntungan.

"Dia menggunakan tubuhnya dengan sangat baik untuk menjauhkan bola dari lawannya. Dribblingnya sangat bagus, dalam 1vs1, ia biasanya berhasil melewati lawannya. Larinya tanpa bola juga sangat penting. Dia biasanya selalu bergerak dengan benar," tulis EKscouting dikutip dari X, Minggu (8/10/2023).

"Dia mampu bersaing dengan beberapa lawan dan juga selalu menarik perhatian. Jika semua fokus pada Rafael, rekan setimnya bisa bergerak leluasa dan menjadi pilihan passing yang lebih baik," jelasnya.



Namun, EKscouting menjelaskan Struick masih harus membenahi kekurangan di bagian kaki terlemahnya. Selain itu, EKscouting juga berpesan agar dia bisa menjaga ketenangan saat berada di depan gawang.

"Dia harus bekerja dengan kakinya yang lemah. Banyak umpan-umpan terakhir, umpan silang, tembakan yang masih terlalu akurat dengan kakinya yang lemah. Dia harus tetap tenang di depan gawang. Jika ia berlari sendirian ke arah lawan atau berdiri sendiri di depan kiper, ia cenderung panik," imbuh EKscouting.

Meski masih memiliki kekurangan, tetapi Struick telah membuktikan kualitasnya dengan membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23 2024. Ia sukses menyumbangan satu gol selama Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Kontribusi Struick diharapkan mampu membawa Timnas Indonesia melewati putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim besutan Shin Tae-yong itu akan menghadapi Brunei Darussalam pada 12 dan 17 Oktober 2023 mendatang.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9059 seconds (0.1#10.140)