Mungil Tapi Perkasa: Inilah Juara Kelas Berat Terpendek yang Pernah Ada

Senin, 09 Oktober 2023 - 08:49 WIB
loading...
Mungil Tapi Perkasa: Inilah Juara Kelas Berat Terpendek yang Pernah Ada
Mungil Tapi Perkasa: Inilah Juara Kelas Berat Terpendek yang Pernah Ada/The Ring/talkSport/USA Today
A A A
Mungil tapi perkasa, inilah juara tinju kelas berat terpendek yang pernah ada di planet bumi dari Rocky Marciano hingga Mike Tyson yang melegenda. Boxing Junkie baru-baru ini menyajikan daftar juara kelas berat tertinggi sepanjang masa, dengan Nikolai Valuev yang menjulang setinggi 213 cm di puncak daftar tersebut.

Sekarang giliran si kecil. Dalam Sajian khusus ini, kami mengugkap petinju terpendek yang pernah memegang gelar juara dunia kelas berat sejak John L. Sullivan membuka era modern saat ia diakui sebagai juara pada pertengahan tahun 1880-an.

Hanya delapan pria dengan tinggi badan di bawah 182 cm yang pernah memenangkan hadiah terbesar olahraga ini dalam 135 tahun terakhir, dan belum ada yang melakukannya sejak Roy Jones Jr. yang memiliki tinggi badan 180 cm mengalahkan John Ruiz pada tahun 2003.



Catatan: Tinggi badan yang digunakan untuk fitur ini berasal dari BoxRec.com, pencatat rekor resmi tinju profesional. Berikut adalah daftarnya (berdasarkan tinggi badan, atau kekurangannya).

1. TOMMY BURNS
Tinggi badan: 170 cm
Aktif: 1902-20
Rekor 47-4-8 (35 KO)
Tahun berkuasa 1906-08
Latar belakang: Apa yang kurang dari Burns dalam hal tinggi badan, ia membayarnya dengan kecepatan dan pukulan keras. Petinju keturunan Prancis-Kanada ini, yang memiliki nama asli Noah Brusso, mengalahkan para petinju yang lebih besar dengan bergerak ke dalam untuk mencetak kerusakan, lalu dengan cepat menghindarinya.

Itulah cara dia mengalahkan Marvin Hart yang memiliki tinggi badan di bawah 180 cm, namun lebih berat, untuk memenangkan gelar kelas berat melalui keputusan juri pada tahun 1906 di Los Angeles. Burns melakukan beberapa kali pertahanan dan kemudian merebut sabuk juaranya dalam sebuah tur dunia yang sukses, menyelesaikan perebutan gelarnya dengan delapan KO beruntun.

Namun, bencana membayangi. Mengikutinya dalam sebagian besar tur tersebut adalah Jack Johnson, yang bertujuan untuk memancing Burns masuk ke dalam ring. Johnson akhirnya meyakinkan Burns untuk bertarung dengannya pada 26 Desember 1908 di Sydney. Bayaran sebesar USD30.000 untuk Burns, yang merupakan bayaran terbesar yang pernah diterima oleh seorang petinju hingga saat itu, membuatnya mustahil untuk menolaknya. Polisi menghentikan pembantaian Johnson atas Burns, yang secara resmi kalah angka. Dia masih memiliki perbedaan sebagai juara kelas berat terpendek.

2. MIKE TYSON
Tinggi badan: 177 cm
Aktif: 1985-2005
Rekor 50-6, 44 KO
Tahun Berkuasa: 1986-90; 1996
Latar belakang: Salah satu aspek luar biasa dari kesuksesan Iron Mike adalah bahwa ia dikerdilkan oleh sebagian besar lawan-lawannya. Hal ini tentu saja tidak menghentikannya untuk merajai kelas berat pada tahun 1980-an, saat mesin penghancur yang bertangan cepat dan sangat kuat ini menghentikan satu demi satu lawannya untuk merebut imajinasi dunia.

Fenomena berusia 20 tahun ini memiliki rekor 27-0 (25 KO) saat ia menghentikan Trevor Berbick dalam waktu kurang dari dua ronde untuk menjadi petinju termuda yang memenangkan kejuaraan kelas berat. Masa kejayaan Tyson tidak berlangsung lama. Dia baru berusia 23 tahun ketika Buster Douglas mengejutkannya dan dunia dengan menghentikan kekuatan alam yang tampaknya tak terkalahkan dalam 10 ronde pada tahun 1990.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)