Mungil Tapi Perkasa: Inilah Juara Kelas Berat Terpendek yang Pernah Ada

Senin, 09 Oktober 2023 - 08:49 WIB
loading...
A A A
6. MARVIN HART
Tinggi badan: 181 cm
Aktif bertanding: 1899-1910
Rekor: 28-7-4 (20 KO)
Tahun berkuasa 1905-06
Latar belakang: Hart diuntungkan karena memiliki teman di tempat yang tinggi. James J. Jeffries, yang baru saja pensiun sebagai juara kelas berat, memutuskan bahwa Hart dan Jack Root akan bertarung untuk memperebutkan gelar yang kosong pada tahun 1905 di Reno, Nevada - dengan Jeffries yang bertindak sebagai wasit - dan kekuatan yang bisa dibelinya.

Hart terjatuh pada Ronde 7 namun bangkit untuk menjatuhkan Root dengan sebuah serangan ke arah tubuh pada Ronde 12 dan tidak dapat bangkit kembali, menjadikan Hart sebagai juara. Jeffries, yang tidak senang dengan persepsi bahwa dia adalah seorang kingmaker, memberi label Hart, pada dasarnya, sebagai juara "sementara" yang harus membuktikan kelayakannya. Dia gagal. Dalam pertarungan pertamanya, pada tahun berikutnya di Los Angeles, Tommy Burns yang bertubuh kecil, 7,9 kg lebih ringan dari Hart, mengungguli dia untuk merebut gelar tersebut. Klaim Hart atas gelar kelas berat mungkin menjadi kontroversi, namun, sebagai catatan, ia memiliki sejumlah kemenangan berkualitas. Di antara korbannya? Jack Johnson yang hebat.

6. JOE FRAZIER
Tinggi badan: 181 cm
Aktif: 1965-76; 1981
Rekor 32-4-1 (27 KO)
Tahun Berkuasa: 1968-73
Latar belakang: Frazier adalah bola energi yang bergoyang-goyang dengan hook kiri yang dapat meruntuhkan gedung. Dan dia adalah musuh terbesar Muhammad Ali. Frazier pertama kali menjadi berita dengan memenangkan medali emas Olimpiade 1964. Dia kemudian merobek-robek divisi kelas berat, menghentikan satu demi satu lawannya untuk mendapatkan kesempatan meraih gelar setelah Ali dipecat karena menolak masuk Angkatan Bersenjata AS.

Dia menghentikan Buster Mathis yang sangat tangguh untuk memenangkan kejuaraan versi New York pada tahun 1968 dan menyatukannya dengan meng-KO pemegang gelar WBA Jimmy Ellis pada tahun 1970. Ali kemudian kembali, menyiapkan salah satu trilogi hebat dalam sejarah. Frazier mengungguli Ali dalam "Pertarungan Abad Ini" pada tahun 1971 sebelum kehilangan gelarnya ketika ia dihentikan oleh George Foreman. Dia belum selesai. Dia kalah dalam dua pertarungan berikutnya dari Ali - termasuk "Thrilla di Manila," yang bisa dibilang pertarungan terhebat yang pernah ada - tetapi memberi Ali neraka dua kali. Smokin 'Joe adalah binatang buas.



9. GENE TUNNEY
Tinggi badan: 182 cm
Aktif bertanding: 1915-28
Rekor: 65-1-1 (48 KO)
Tahun Berkuasa: 1926-28
Latar belakang: Tunney adalah salah satu petinju yang kurang dihargai dalam sejarah, mungkin sebagian karena keputusannya untuk pensiun sebagai juara setelah berkuasa selama 30 tahun. "The Fighting Marine" adalah petinju dengan teknik luar biasa yang juga memiliki kekuatan KO, seperti yang ditunjukkan oleh 48 kemenangan KO-nya. Satu-satunya kekalahannya terjadi di kelas berat ringan melawan Harry Greb, yang memiliki rekor 1-3-1 dalam lima pertarungan melawan Tunney. Tunney terkenal memenangkan gelar kelas berat dengan mudah mengalahkan legenda yang kurang terkenal, Jack Dempsey, pada tahun 1926. Pertandingan ulang tersebut diberi label "The Long Count Fight," di mana Dempsey menjatuhkan Tunney dan melukainya, namun melupakan peraturan baru yang mengharuskannya mundur ke sudut netral. Waktu yang dibutuhkan wasit untuk membuat Dempsey mematuhinya memberi waktu bagi Tunney untuk memulihkan diri. Dia akhirnya memenangkan keputusan sepihak lainnya untuk mempertahankan gelarnya. Tunney bertarung sekali lagi dan kemudian meninggalkan dunia tinju dan akhirnya masuk ke dalam Hall of Fame

9. JERSEY JOE WALCOTT
Tinggi badan: 182 cm
Aktif: 1930-53
Rekor 50-20-1 (31 KO)
Tahun Berkuasa: 1951-52
Latar belakang: Walcott, yang terlahir dengan nama Arnold Cream, memiliki hasil yang beragam dan sedikit kesempatan penting di sebagian besar karirnya karena warna kulitnya. Kemudian, saat Perang Dunia II hampir berakhir, kariernya mulai melejit. Jersey Joe, seorang petarung bertahan yang luar biasa dengan pukulan keras, meraih kesuksesan beruntun hingga perebutan gelar juara kelas berat Joe Louis pada tahun 1947.

Walcott memberikan penampilan terbaik dalam hidupnya, menjatuhkan Louis dua kali dan tampaknya sudah cukup untuk memenangkan gelar. Namun, dua dari tiga juri tidak melihatnya seperti itu. Dia mendapatkan kesempatan kedua enam bulan kemudian dan kembali memimpin di atas kertas. Hanya saja kali ini Louis, yang memiliki kekuatan luar biasa, menghentikan Walcott di Ronde 11.

Walcott kalah dari Ezzard Charles untuk memperebutkan gelar yang dikosongkan oleh Louis pada pertarungan berikutnya dan sekali lagi pada kesempatan kedua untuk meraih gelar tersebut, namun ia tidak pernah menyerah. Dia akhirnya mengalahkan Charles dengan KO pada ronde ketujuh untuk memenangkan mahkota kelas berat pada tahun 1951 di usia yang sudah menginjak 37 tahun. Walcott tetap menjadi teladan kegigihan.

9. EZZARD CHARLES
Tinggi badan: 182 cm
Aktif bertanding: 1940-59
Rekor: 95-25-1 (52 KO)
Tahun berkuasa 1949-51
Latar belakang: Charles adalah salah satu petarung terbaik yang pernah bertanding pound-for-pound. "Cincinnati Cobra" memulai karirnya sebagai petinju kelas menengah dan kemudian menjadi salah satu petinju kelas berat ringan terbaik sepanjang masa, meskipun ia tidak pernah memperebutkan gelar. Selama periode tersebut, ia mencatatkan rekor 5-0 melawan Joey Maxim, 3-0 melawan Archie Moore dan 2-0 melawan Charley Burley, yang menurut para sejarawan sangat luar biasa. Namun, dia akan menemukan ketenaran terbesarnya sebagai seorang petinju kelas berat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)