Manny Pacquiao: Di Kelas Mana Dia Raih Kesuksesan Terbesarnya?

Selasa, 10 Oktober 2023 - 12:18 WIB
loading...
A A A
Latar belakang: Sebuah ironi bahwa Pacquiao menjadi superstar dengan berat badan yang tidak wajar, 66,6 kg. Kemenangan KO ronde kedelapan atas Oscar De La Hoya pada tahun 2008 bukanlah kemenangannya yang paling mengesankan karena De La Hoya sedang mengalami penurunan, namun pertarungan yang menjadi obornya - dari wajah tinju menjadi ikon besar berikutnya - mengangkat Pacquiao ke puncak tertinggi dalam olahraga ini. Dan dia tetap bertahan di divisi ini, kecuali satu kali turun di kelas menengah junior.

Dia mengalami pasang surut (termasuk kekalahan KO satu pukulan dari Marquez) di kelas welter, namun memiliki serangkaian kemenangan atas para Hall of Famers yang ada saat ini maupun yang akan datang, dan empat kali menjadi juara. Ia menegaskan kehebatannya dengan mengalahkan Keith Thurman pada usia 40 tahun. Kemenangan atas Ugas akan membuatnya menjadi juara dunia kelas 66,6 kg sebanyak lima kali.

Yang perlu dicatat: Pacquiao mendapatkan bayaran terbesarnya - lebih dari USD100 juta - saat kalah angka mutlak dari Floyd Mayweather pada tahun 2015.

1. KELAS BULU SUPER (58,9 kilogram)
Rekor: 7-1 (5 KO)
Tahun: 2005-08
Gelar WBC (2008)
Kemenangan penting: Erik Morales (dua kali), Marco Antonio Barrera, Juan Manuel Marquez, Oscar Larios, Jorge Solis
Kekalahan / hasil imbang: Morales (L)
Latar belakang: Pacquiao mengawali kariernya dengan lambat di kelas 58,9 kg, kalah angka mutlak dari Erik Morales dalam sebuah pertarungan tanpa gelar pada bulan Maret 2005. Itu adalah satu-satunya kemundurannya sejak kekalahan dari Boonsai Sangsurat di kelas terbang pada tahun 1999 dan kemenangan kontroversial Tim Bradley atas dirinya pada tahun 2012, sebuah rentang waktu hampir 13 tahun.

Tentu saja, ia akan bangkit kembali. Ia menghentikan Morales dalam pertandingan ulang pada Januari 2006 dan memenangkan laga ketiga mereka melalui penghentian pada tahun yang sama, setelah itu ia mengalahkan Marco Antonio Barrera untuk kedua kalinya. Dia kemudian mengalahkan Juan Manuel Marquez dengan keputusan terbelah untuk merebut gelar WBC Marquez. Dia tidak pernah mempertahankan sabuknya.
Catatan penting: Pacquiao hanya bertarung dua kali di kelas antara 58,9 kg dan 66,6 kg, dengan kemenangan atas David Diaz dan Ricky Hatton.
(aww)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1163 seconds (0.1#10.140)