Jadwal Tinju Dunia Naoya Inoue vs Marlon Tapales: Siapa Juara Tak Terbantahkan?

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 10:41 WIB
loading...
Jadwal Tinju Dunia Naoya Inoue vs Marlon Tapales: Siapa Juara Tak Terbantahkan?
Jadwal Tinju Dunia Naoya Inoue vs Marlon Tapales: Siapa Juara Tak Terbantahkan?/One Sport
A A A
Duel Naoya Inoue vs Marlon Tapales untuk perebutan gelar kelas bantam super tak terbantahkan ditargetkan digelar tanggal 26 Desember di Tokyo, Jepang. BoxingScene.com telah mengkonfirmasi bahwa pihak penyelenggara telah menetapkan tanggal 26 Desember untuk menggelar pertandingan unifikasi penuh antara Naoya Inoue vs Marlon Tapales.

Kedua pemegang gelar juara dunia kelas bantam super (bulu junior) ini akan bertemu di sebuah tempat yang belum diumumkan di Tokyo, seperti yang telah dikonfirmasi pada bagian Penilaian dalam konvensi tahunan WBO ke-36, Kamis di Punta Cana, Republik Dominika. Pemenangnya akan menjadi juara tak terbantahkan pertama di divisi ini sejak divisi ini kembali pada tahun 1977 setelah sempat vakum pada awal tahun 1920-an.



Naoya Inoue dari Yokohama (25-0, 22KO) akan mempertaruhkan sabuk WBC dan WBO kelas 55,3 kg miliknya, sementara Tapales dari Filipina (37-3, 19KO) mempertaruhkan gelar WBA dan IBF miliknya. Kedua petinju akan mencoba untuk mempertahankan gelar pertama mereka di kelas ini, setelah keduanya merebut gelar juara di divisi mereka pada awal tahun ini dalam pertarungan yang berbeda.

Tapales menjadi pemegang gelar juara dua divisi setelah menang angka terbelah dalam 12 ronde atas Murodjon Akhmadaliev yang tak terkalahkan pada 8 April di San Antonio, Texas. Petinju kidal berusia 31 tahun ini sebelumnya memenangkan gelar kelas bantam WBO pada bulan Juli 2016, namun ia gagal mempertahankan gelar tersebut dan dicopot dari sabuknya sebelum ia menang KO pada ronde kesebelas melawan Shohei Omori pada bulan April 2017.

Kemenangan terakhir ini merupakan salah satu dari empat kemenangan di Jepang bagi Tapales selama 15 tahun karir profesionalnya. Naoya Inoue kini memiliki kesempatan untuk mencetak sejarah bagi Jepang dalam tiga laga berturut-turut.

Petinju berusia 30 tahun yang memiliki peringkat tinggi di kelas pound-for-pound ini menjadi juara tak terbantahkan pertama di Jepang dalam era tiga atau empat sabuk - dan orang Asia pertama yang melakukannya - setelah kemenangan KO pada ronde kesebelas atas Paul Butler dari Inggris, yang menyatukan divisi kelas bantam pada bulan Desember lalu di Ariake Arena, Tokyo.

Di tempat yang sama, Inoue menjadi petinju pertama Jepang yang meraih gelar juara dunia di dua divisi atau lebih hanya dalam waktu tujuh bulan. Ia melakukannya dengan cara yang sangat merusak setelah menang KO di ronde kedelapan pada ronde pertama atas pemegang gelar juara WBC/WBO kelas 55,3 kg Stephen Fulton pada 25 Juli, dan menjadi petinju pria kedua di Jepang yang berhasil meraih setidaknya satu gelar juara di empat divisi.



Sebelum pertarungan, Inoue telah merencanakan pertarungan berikutnya melawan petinju Filipina, Tapales, yang dalam wawancara setelah pertarungan setelah kemenangannya atas Akhmadaliev telah menargetkan pertarungan seperti itu.
Kemenangan Inoue akan menjadikannya sebagai petinju pria kedua dan petinju ketiga di dunia yang berhasil menyatukan keempat gelar utama (WBA, WBC, IBF, WBO) di dua kelas berbeda. Terence 'Bud' Crawford (39-0, 30KO) menjadi petinju pria pertama yang berhasil melakukan hal tersebut dengan menghentikan Errol Spence pada ronde kesembilan untuk menjadi juara kelas welter yang tak terbantahkan, enam tahun setelah melakukan hal yang sama di kelas welter junior.

Petinju berusia 30 tahun yang memiliki peringkat tertinggi dalam divisi pound-for-pound ini menjadi juara tak terbantahkan pertama di negara tersebut dalam era tiga atau empat sabuk, serta atlet Asia pertama yang melakukannya. Claressa Shields telah menyatukan divisi welter super pada bulan Maret 2021 dan dua kali di divisi menengah, dimana penyatuan itu diselesaikan dengan kemenangan poin atas Savannah Marshall pada tanggal 15 Oktober lalu di London.

Tapales akan menjadi petinju Filipina pertama yang menjadi juara tak terbantahkan dalam era tiga atau empat gelar. Inoue memiliki kesempatan untuk menjadi juara tak terbantahkan dalam dua divisi dalam kurun waktu satu tahun. Gelar 'Super Champion' yang disandangnya bersama WBO akan memberinya kesempatan untuk segera menantang gelar juara dunia kelas bulu pada tahun 2024. Namun, visi Inoue saat ini mengharuskannya bertahan di divisi bantam super untuk saat ini.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)