3 Posisi Ajaib Sandy Walsh, Teranyar Jadi Gelandang Timnas Indonesia

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 17:17 WIB
loading...
3 Posisi Ajaib Sandy Walsh, Teranyar Jadi Gelandang Timnas Indonesia
3 Posisi Ajaib Sandy Walsh, Teranyar Jadi Gelandang Timnas Indonesia. Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Sandy Walsh turut berperan dalam kemenangan telak Timnas Indonesia melawan Brunei Darussalam di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang digelar di GBK, Kamis (12/10/2023). Posisinya yang dapat menyesuaikan taktik pelatih Shin Tae-yong bisa disebut ajaib.

Perhatian khusus tertuju pada peran yang dijalani oleh Sandy Walsh dalam tim ketika Timnas Indonesia menang 6-0 atas Brunei. Pelatih Shin Tae-yong menempatkan Sandy dalam peran gelandang, meskipun sebelumnya dia lebih dikenal sebagai bek kanan.



Walau penggunaan Sandy dalam posisi ini bisa terasa mengejutkan, Shin Tae-yong dikenal suka melakukan eksperimen taktis dan menempatkan pemain di peran yang tidak biasa baginya. Sandy sendiri memiliki kemampuan untuk memainkan beberapa posisi yang berbeda, termasuk:

1. Bek Kanan


Posisi asal Sandy adalah bek kanan, yang bertanggung jawab untuk menjaga pertahanan sisi kanan. Selain tugas defensifnya, bek kanan juga bisa mendukung serangan tim dengan memberikan umpan silang atau mendukung serangan balik.

Walaupun Sandy dikenal sebagai bek kanan di klubnya, selama dua penampilannya bersama timnas Indonesia, dia belum pernah bermain di posisi ini. Sebaliknya, Shin Tae-yong telah memilih Asnawi Mangkualam untuk bermain di bek kanan.

2. Gelandang


Di laga terakhir melawan Brunei, Sandy dipercayakan bermain sebagai gelandang. Shin Tae-yong merasa Sandy cocok dengan peran ini, mengingat dia juga pernah bermain sebagai gelandang pada awal kariernya.

3. Bek Tengah


Debut Sandy bersama timnas Indonesia terjadi saat melawan Turkmenistan dalam pertandingan FIFA Matchday Jumat (8/9/2023). Pada laga tersebut, dia bermain sebagai bek tengah bersama Jordi Amat dan Alfeandra Dewangga.

Meskipun posisi bek tengah bukan peran utama Sandy, dia tampil solid selama penampilannya dalam laga tersebut. Pertahanan timnas Indonesia berhasil menjaga kebobolan selama pertandingan.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5882 seconds (0.1#10.140)