FESPI 2023 Jadi Ajang Kemenpora Rangkul OKP-OKP di Tanah Air

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 20:30 WIB
loading...
FESPI 2023 Jadi Ajang Kemenpora Rangkul OKP-OKP di Tanah Air
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar FESPI 2023 pada 10 Oktober hingga 15 Oktober mendatang / Foto: MPI
A A A
JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) menggelar FESPI 2023 pada 10 Oktober hingga 15 Oktober mendatang. Acara tersebut berlangsung di Kompleks Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta dan diikuti puluhan Organisasi Kepemudaan (OKP) Indonesia.

Ketua Cabor Festival FESPI 2023, Samuel Antonius, yang mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, mengatakan bahwa acara ini bertujuan untuk merangkul OKP-OKP yang ada di Tanah Air. Alhasil, mereka sadar bahwa keberadaan mereka dihargai oleh pemerintah.

"Jadi adanya kegiatan ini memang ditujukan untuk merangkul teman-teman OKP. Kemenpora hadir sebagai rumahnya OKP agar mereka merasa bahwa keberadaan mereka dihargai. Semua perlombaan di sini gratis tanpa dipungut biaya apa pun. Karena memang tujuannya itu tadi, OKP sebagai wadahnya, nah Kemenpora ini sebagai rumah mereka agar mereka merasa dirangkul oleh pemerintah," kata Samuel kepada Tim MNC, Jumat (13/10/2023).



FESPI 2023 mempertandingkan olahraga prestasi dan olahraga masyarakat atau olahraga rekreasi. Olahraga prestasi yang diperbandingkan yaitu futsal dan badminton, yang diikuti 34 tim dari 35 total kepesertaan. Sebanyak 32 tim mengikuti ganda putra badminton dan 16 tim di ganda putri.

Sedangkan untuk olahraga rekreasi yang dipertandingkan adalah gobak sodor atau hadang, tarik tambang, dan juga bentengan. Bentengan diikuti delapan tim, tarik tambang diikuti 24 tim, dan juga gobak sodor diikuti 18 tim.

Pemuda Perindo pun turut meramaikan olahraga rekreasi dengan menjadi peserta dalam pertandingan yang digelar pada Jumat (13/10/2023). Direktur Eksekutif DPP Pemuda Perindo, Iqnal Shalat, dan jajarannya ikut berkompetisi dalam perlombaan tarik tambang.



Tak hanya pertandingan olahraga, festival ini juga diisi rangkaian kegiatan lainnya meliputi seminar, talkshow, acara keagamaan, pameran UMKM dan kuliner. Bahkan ada hiburan dari para musisi ternama seperti JKT48, Ungu Band, dan juga The Rain, yang akan dihelat pada 14-15 Oktober.

Tercatat ada 45 OKP yang meramaikan FESPI 2023. Adapun OKP-OKP yang mengikuti festival ini di antaranya AMPI, AMSI, AMK, Bakornas Fokusmaker, Barisan Ksatria Nusantara, Barisan Masa Demokrat, Barisan Muda Kosgoro 57, BPN Gesid Generasi Emas Indonesia, DPN APPI, DPP Sesmi, DPP SPI, Gemura, Hima Kosgoro 57, Mahasiswa Islam, KM Demokrat, KNPD, Kopri PMII.

Selain itu juga ada Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi, Mapancas, Pemuda Demokrasi Kebangsaan, Pemuda Hanura, Pemuda Indonesia Emas, Pemuda Katolik, Pemuda Lira, Pemuda Muslimin, Pemuda Muslim Indonesia, PP Gamki, PP GMKI, PP GMNI, PP Satria, GMFKPPI, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Garuda KPPRI, PP IPNU, Sapma Hanura, Sapma PP, PP IPPNU, Siwo PWI Pusat, Tidar, dan Wanita Persatuan Pembangunan.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)