Piala Menpora Esport Akan Diramaikan 10 Ribu Peserta

Selasa, 04 Agustus 2020 - 23:06 WIB
loading...
Piala Menpora Esport Akan Diramaikan 10 Ribu Peserta
Turnamen Piala Menpora E-Sport 2020 digelar bulan ini. Foto: Dok
A A A
JAKARTA - Di tengah pandemi virus korona (Covid-19), Piala Menpora Esport 2020 Axis akan digelar pada bulan ini. Sebanyak 10 ribu peserta mulai dari institusi pendidikan yang sama mulai dari SMP, SMA, SMK dan Universitas seluruh Indonesia akan berpartisipasi di ajang tersebut.

Presiden Indonesia Esports Premier League (IESPL) yang juga Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020 Axis Giring Ganesha berharap kehadiran turnamen ini dapat menjadi salah satu cabang olahraga yang mampu menyikapi kondisi pandemi Covid-19 secara positif. Bahkan, dia juga yakin Piala Menpora Esports 2020 akan berlangsung meriah karena akan diikuti 10 ribu peserta. (Baca Juga: Turnamen Piala Menpora E-Sport 2020 Digelar )

“Pendaftaran sudah kami buka sejak 1 Agustus kemarin. Kami akan kick off pada 17 Agustus nanti. Akan diikuti 2048 tim atau 10 ribu atlet. Saat ini slot tersisa tinggal 400an tim, karena sudah ada 1600-an tim yang sudah mendaftar,” kata Giring saat dalam jumpa pers virtual, Selasa (4/8).

Giring menambahkan ajang tersebut juga bisa dijadikan ajang pencarian bakat dan juga dimanfaatkan untuk mengkampanyekan bahaya Covid-19 ke masyarakat luas. Apalagi, dia sudah berdiskusi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. (Lihat Grafis: Waspada Berolahraga di Tengah Wabah )

Selain itu, Giring mengatakan bahwa turnamen ini akan diselenggarakan secara online. Adapun turnamen eSports ini akan melombakan game mobile moba paling terkenal di Indonesia, Mobile Legends: Bang Bang. “Tahun ini, secara online daring. Usahain untuk menjaga keselamatan para stakeholder Piala Menpora Esports 2020,” ucapnya.

Sementara itu, Sekeretaris Kemenpora , Gatot S. Dewa Broto mengatakan kondisi pandemi membuat industri olahraga, baik di Indonesia maupun di negara lain, mengalami kevakuman aktivitas. Namun, justru hal ini berbanding terbalik dengan Esports yang semakin menggeliat.

“Olahraga menjadi salah satu lini yang terkena dampak luar biasa dari Covid-19. Tapi untuk esports ternyata eksistensi dan antusiasmenya tetap tinggi karena esports bisa dimainkan dengan gegap gempita penonton maupun dengan tanpa penonton. Hal ini yang membuat kami terus mendukung sepenuhnya esports," ucap Gatot.

Bukan hanya itu, Gatot juga menjelaskan bahwa Kemenpora telah memikirkan berbagai upaya dalam pengembangan esports yang positif di Indonesia. Piala Menpora Esports 2020 sebagai wadah kompetisi esports yang diikuti oleh kelompok pelajar dan mahasiswa. "Piala Menpora Esports 2020 digagas oleh Pak Menteri Zainudin Amali merupakan bentuk implementasi dari dukungan pemerintah terhadap kemajuan esports di Indonesia," paparnya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)