Menpora dan Sandiaga Uno Resmi Buka Piala Presiden Esports 2023

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 19:33 WIB
loading...
Menpora dan Sandiaga Uno Resmi Buka Piala Presiden Esports 2023
Menparekraf Sandiaga Uno dan Menpora Dito Ariotedjo usai menghadiri opening ceremony Main Event Piala Presiden Esports 2023 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, pada Sabtu (21/10/2023)
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga ( Menpora ) Dito Ariotedjo bersama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno resmi membuka Piala Presiden Esports 2023 di Tennis Indoor Stadium Senayan, Sabtu (21/10/2023). Dalam sambutannya Menpora mengapresiasi penyelenggaraan main event ini bisa dijadikan sebagai wadah mencari bibit dan talenta Esports di Indonesia.

Selain itu, tambah Menpora, Piala Presiden Esports juga menjadi wadah untuk pro player mengembangkan diri mereka lewat gim lokal. "Piala Presiden Esports merupakan event pioneer yang dikembangkan oleh Pemerintah RI melalui Kantor Staf Presiden RI bersama dengan sejumlah kementerian dan lembaga terkait lainnya, event ini sekaligus menjadi benchmark di liga utama tim Esports Indonesia," ujar Menpora Dito dalam keterangan persnya.

"Lebih luas, Piala Presiden Esport juga tidak hanya berdampak pada sisi olahraga namun juga pengembangan karier anak muda serta ekonomi kreatif melalui kemajuan industri gim lokal. Jadi dari esports bisa tercipta ekonomi baru dan juga menggali potensi generasi muda di indonesia," tambahnya.



Konsistensi Piala Presiden Esports dalam melibatkan gim lokal di setiap edisinya juga disorot Sandiaga Uno. Dia mengungkapkan bahwa Piala Presiden Esports memiliki potensi sebagai wadah pengembangan karya anak bangsa dengan terus memberikan panggung bagi para pengembang gim asal Indonesia untuk memperlihatkan karyanya.

"Piala Presiden Esports 2023 adalah event yang menjadi barometer Esports di Indonesia. Kejuaraan ini merupakan bagian dari event yang menggerakkan berbagai potensi, terutama dalam membuka peluang usaha, lapangan kerja dan prestasi esports Indonesia yang meningkat. Selain melahirkan talenta esports baru, Piala Presiden Esports 2023 juga mendorong kemajuan industri gim lokal. Kami berharap Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri," papar Sandiaga

Dukungan serupa juga diberikan Abetnego Tarigan selaku Deputi II Bidang Pengembangan Manusia Kantor Staf Presiden. Ia memberikan ucapan selamat bertanding para atlet yang lolos ke main event Piala Presiden Esports 2023, dan berpesan agar terus berprestasi di masa depan.



"Kami dari Kantor Staf Presiden Republik Indonesia mengucapkan selamat bertanding kepada atlet yang berhasil lolos ke main event Piala Presiden Esports 2023. Perjuangan teman-teman sekalian untuk berada di sini tentunya tidak mudah karena harus bersaing dengan ribuan peserta lainnya. Pemerintah akan senantiasa mendukung talenta generasi muda untuk mengembangkan minatnya dalam ekosistem Esports dan industri gim, , dan semoga Piala Presiden Esports menjadi langkah awal teman-teman untuk membawa harum nama negara di masa depan," pesan Abetnego Tarigan.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2023, Rangga Danu Prasetyo memaparkan jika Piala Presiden Esports kembali mencetak sejarah baru. Salah satunya adalah kompetisi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) Women yang dipertandingkan untuk pertama kalinya dalam sejarah turnamen ini. Selain itu, gelaran edisi kelima ini juga menjadi kali pertama, jumlah gim lokal lebih banyak ketimbang gim mancanegara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4244 seconds (0.1#10.140)