Profil Marc Guiu, Pencetak Gol Kilat dari Bangku Cadangan

Selasa, 24 Oktober 2023 - 11:03 WIB
loading...
Profil Marc Guiu, Pencetak Gol Kilat dari Bangku Cadangan
Marc Guiu mampu menghipnotis penggemar sepak bola di Spanyol saat menjadi aktor protagonis di balik kemenangan Barcelona atas Athletic Bilbao di Camp Nou, akhir pekan kemarin / Foto: The Week
A A A
BARCELONA - Marc Guiu mampu menghipnotis penggemar sepak bola di Spanyol saat menjadi aktor protagonis di balik kemenangan Barcelona atas Athletic Bilbao di Camp Nou, akhir pekan kemarin. Berkat gol semata wayang pemain brondong itu, Blaugrana berhasil memetik tiga poin sempurna.

Pada pertandingan lanjutan Liga Spanyol 2023/2024, Barcelona sebenarnya tampil cukup dominan. Tercatat, ada 12 tendangan yang dilepaskan anak asuh Xavi Hernandez.

Namun dari 12 tendangan itu, hanya tujuh yang mengancam gawang Athletic. Tendangan ketujuh baru bisa menjebol gawang tim tamu.



Adalah Guiu, yang mampu tampil sebagai bintang lapangan. Pemain berusia 17 tahun itu dimasukkan sebagai pemain pengganti di babak kedua menggantikan Fermin Lopez dan memberikan dampak instan, setelah umpan Joao Felix mampu dikonversikan dengan sempurna melalui tendangan yang membuat Unai Simon memungut bola dari gawangnya.

Dalam laporan Squawka, Guiu hanya membutuhkan waktu 33 detik untuk membayar lunas kepercayaan Xavi Hernandez. Itu merupakan gol pertamanya di Liga Spanyol bersama Barcelona dan ia menjadi satu-satunya pemain yang mencetak gol kilat dalam sejarah klub.

Menariknya, itu terjadi hanya dengan satu peluang (tendangan). Statistik Optajose menyebut jika Guiu menjadi pemain termuda (17 tahun 291 hari) yang melakukan debut dengan mencetak gol bersama Barcelona di Liga Spanyol.


Profil Marc Guiu


Guiu merupakan produk akademi La Masia. Bersama Tim U-19, dia sudah menorehkan lima gol dalam lima pertandingan.

Penampilan inilah yang membuat Xavi mempromosikannya ke tim utama. Menariknya, ia mampu membayar lunas kepercayaan itu dengan menjadi bintang kemenangan Blaugrana.

"Dia (Guiu) adalah pemain yang secara pribadi sangat saya sukai, dan saya tidak ragu menggunakan pemain lokal, karena kami memiliki banyak bakat di sini. Mereka menaruh kepercayaan yang sama pada saya di zaman saya," ujar Xavi dalam laman resmi klub.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6062 seconds (0.1#10.140)