Tiga Pesan Penting Erick Thohir buat Timnas Indonesia U-17, Wajib Diamalkan

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 03:09 WIB
loading...
Tiga Pesan Penting Erick Thohir buat Timnas Indonesia U-17, Wajib Diamalkan
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan tiga pesan penting untuk tim nasional Indonesia U-17 menjelang tampil di Piala Dunia U-17 2023. / Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan tiga pesan penting untuk tim nasional Indonesia U-17 menjelang tampil di Piala Dunia U-17 2023. Menurutnya, tiga pesan ini perlu diamalkan oleh skuad Garuda Muda.

Timnas Indonesia U-17 sudah tiba di Tanah Air usai pemusatan latihan (TC) di Jerman untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023. Selama satu bulan lebih, Garuda Muda ditempa oleh tim kepelatihan Bima Sakti.

Selain berlatih, mereka juga melakoni 7 laga uji coba melawan klub lokal. Statistiknya, Timnas Indonesia U-17 meraih 2 kemenangan, 1 kali imbang, dan 4 kali kalah.



Menjelang turnamen berlangsung, Erick menyampaikan tiga pesan penting untuk Iqbal Gwijangge dkk. Di antaranya, pria berusia 53 tahun itu menegaskan Timnas Indonesia U-17 harus lebih memperhatikan kedisiplinan dan komunikasi di lapangan.

"Kemarin saya sudah bertemu dengan para pemain dan ofisial. Ada tiga pesan yang saya sampaikan ke mereka bahwa disiplin dalam bermain. Mereka sudah latihan formasi yang saya rasa usia 17 tahun kadang-kadang menerapkan formasinya kurang disiplin," jelas Erick kepada awak media di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Kamis (26/10/2023).

"Kedua, bagaimana komunikasi di lapangan. Mereka harus banyak bicara di lapangan, saling mendukung. Ketiga, sepak bola itu membuat gol. Percuma menyerang 10 kali tapi enggak gol-gol, ada yang nyerang tiga kali tapi gol," sambungnya.

Erick meminta kedisiplinan dalam menerapkan formasi bermain tak dianggap sebelah mata. Selain itu, pria yang juga menjabat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu juga ingin Timnas Indonesia U-17 mempunyai mental kuat untuk menghadapi lawannya.

"Artinya apa? Penting sekali mereka punya formasi, yang tidak bisa saya bocorkan, ketika menyerang itu dimanfaatkan sedemikian mungkin karena tim yang akan dilawan adalah tim tim kelas dunia. Jangan pernah menganggap remeh Panama, dan juga jangan pernah menganggap besar Ekuador dan Maroko," tutur Erick.



Sementara itu, turnamen Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung di 4 kota, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Solo pada 10 November-2 Desember 2023. Timnas Indonesia U-17 akan tergabung dalam Grup A bersama Panama, Maroko, dan Ekuador.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2617 seconds (0.1#10.140)