4 Ribu Siswa Ikut Kompetisi Atletik Pelajar Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali-Nusra Qualifiers

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 03:35 WIB
loading...
4 Ribu Siswa Ikut Kompetisi Atletik Pelajar Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali-Nusra Qualifiers
Jhesiyera Imanella Atok dari SMA Giovanni Kupang tampil sebagai juara nomor tolak peluru putri kategori SMA pada Energen Champion SAC Indonesia 2023
A A A
KUPANG - Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia membuat terobosan dengan pertama kalinya digelar di Pulau Timor. Event yang diselenggarakan pada 26-28 Oktober di Stadion Oepoi, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini adalah Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali-Nusra Qualifiers. Antusiasme besar ditunjukkan oleh pelajar dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/sederajat.

Pada edisi pertama tahun 2022, Bali-Nusra Qualifiers telah sukses diadakan di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam upaya untuk mempopulerkan atletik dan mengidentifikasi bakat-bakat muda, kemitraan antara PB PASI dan DBL Indonesia memutuskan untuk memberi kesempatan kepada daerah lain, dan Kupang dipilih sebagai tuan rumah untuk edisi 2023.

Antusiasme tumbuh pesat, dengan total 4.108 pelajar mendaftar sebagai peserta dalam Bali-Nusra Qualifiers di Kupang untuk musim 2023. Ini adalah peningkatan dibandingkan dengan musim 2022 di Mataram (NTB) yang diikuti oleh total 3.821 pelajar. Partisipasi sekolah juga meningkat, dengan 191 sekolah mengirimkan delegasi mereka, yang datang dari tiga provinsi: Bali, NTB, dan NTT. Ini juga mengalami peningkatan dari total 135 sekolah yang terlibat pada edisi 2022.



Theo Widodo, Ketua Pengprov PASI Nusa Tenggara Timur, memberikan apresiasi atas penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali-Nusra Qualifiers. Dia berharap kompetisi ini akan menghasilkan calon atlet potensial yang dapat mewakili provinsi maupun bangsa di tingkat internasional. Penyelenggaraan kompetisi di Kupang diharapkan dapat memotivasi sekolah-sekolah untuk mengembangkan olahraga atletik.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTT, Hildergardis Bria Seran, juga mengapresiasi penyelenggaraan Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali-Nusra Qualifiers. Ini adalah kali pertama di NTT sebuah kompetisi pelajar dengan jumlah peserta yang sangat besar dapat diadakan. Hildergardis Bria Seran menyatakan bahwa mereka siap untuk mendukung kelangsungan kompetisi ini serta menginspirasi generasi mendatang.

Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali-Nusra Qualifiers adalah wadah bagi para juara dari kelompok pelajar untuk mencapai prestasi. Salah satunya adalah Jhesiyera Imanella Atok dari SMA Giovanni Kupang, yang berhasil meraih prestasi pada hari pembuka kompetisi dengan kemenangan dalam nomor tolak peluru putri kelompok SMA. Atok berhasil merebut podium juara dengan mencatatkan jarak tolakan terbaik sejauh 6,56 meter. Ini adalah langkah pertama menuju babak National Championship yang akan digelar di Solo pada Januari 2024. Atok bersaing dengan para juara dari enam Qualifiers lainnya.
4 Ribu Siswa Ikut Kompetisi Atletik Pelajar Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali-Nusra Qualifiers

Dalam nomor putra, Albertus Aldino Se Ritan dari SMA St. Arnoldus Janssen Kupang berhasil merebut podium juara dengan mencatatkan tolakan sejauh 10,23 meter. Dia diikuti oleh Kenzo Alexandre Taslim dari SMA Giovanni Kupang di posisi kedua (10,12 meter) dan Calvin C. Saputra dari SMAN 5 Kupang di urutan ketiga (8,66 meter).

Dalam nomor lintasan, siswa dari SMAN 7 Kupang, Alan Sae, berhasil menjadi yang tercepat pada sektor putra dalam lari 1.000 meter dengan waktu 3 menit 9,47 detik. Sementara di sektor putri, Venti Rowina Nope dari SMAN 7 Kupang mencatatkan waktu 3 menit 36,89 detik. Mereka akan bersaing dengan finalis lainnya pada babak puncak yang akan digelar pada Sabtu (28/10/2023).

Pada nomor primadona Energen Champion SAC Indonesia 2023, yaitu Lari estafet atau Relays 4x100 meter, hasil babak penyisihan yang seru menempatkan SMA Giovanni Kupang di posisi terdepan dengan waktu 52,97 detik pada sektor putra. Di sektor putri, SMA Giovanni Kupang juga memimpin dengan catatan waktu 1 menit 6,27 detik. Ketiga finalis terbaik sektor putra adalah SMAN 12 Kupang, yang mencatatkan waktu 53,56 detik. Di sektor putri, finalis terbaik kedua adalah SMKN 1 Kupang dengan waktu 1 menit 6,40 detik, dan finalis terbaik ketiga adalah SMAN 4 Kupang dengan waktu 1 menit 7,27 detik.

Bali-Nusra Qualifiers adalah bagian dari Energen Champion SAC Indonesia 2023, yang juga melibatkan kompetisi di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers, Jakarta Banten Qualifiers, Central Java Qualifiers, dan East Java Qualifiers.
4 Ribu Siswa Ikut Kompetisi Atletik Pelajar Energen Champion SAC Indonesia 2023 Bali-Nusra Qualifiers
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)