Sidang Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Akan Digelar Bulan Depan

Senin, 30 Oktober 2023 - 08:09 WIB
loading...
Sidang Naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On Akan Digelar Bulan Depan
DPR RI menggelar sidang naturalisasi 2 pemain keturunan, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On usai masa reses. / Foto: Instagram @jayidzes
A A A
JAKARTA - DPR RI menggelar sidang naturalisasi 2 pemain keturunan , Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On usai masa reses. Adapun masa reses DPR RI berlangsung hingga Senin (30/10/2023).

Hal itu dikonfirmasi Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian saat menjawab komentar warganet di akun Instagramnya, @hetifah. Wanita yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar ini memastikan sidang proses Idzes dan Nathan digelar dalam waktu dekat.

"Setelah selesai reses, November," tulis Hetifah kala menjawab warganet dengan akun @sp_hend*****, Minggu (29/10/2023).



Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo melaporkan bahwa proses naturalisasi kedua pemain itu sudah sampai di DPR RI. Kabar tersebut disampaikan kala Menpora Dito meninjau Trophy Tour Piala Dunia U-17 2023 di Surabaya.

"Oh iya, ini lagi diproses, ini kita lagi lintas di lembaganya, lagi proses di DPR, setelah masa sidang mulai kita kebut lagi," kata Menpora Dito.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan jika proses keduanya ditargetkan rampung pada Maret 2024. Itu artinya, timnas Indonesia berpeluang diperkuat 2 pemain naturalisasi anyar dalam laga kontra Vietnam di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Ini saya dan Menpora sedang bekerja keras. Semoga Maret bisa kalau November cium tangan," ujar Erick.

Kendati demikian, jika sidang naturalisasi tersebut rampung pada November 2023, maka terdapat kemungkinan mereka siap memperkuat Timnas Indonesia pada Piala Asia 2023. Adapun Timnas Indonesia melakoni partai perdana di Piala Asia 2023 pada 15 Januari 2024, menghadapi Irak.



Usai berlangsung di DPR RI, maka proses kedua pemain tersebut tinggal menunggu surat Keputusan Presiden (Kepres). Kemudian, keduanya akan mengucap sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) di Kanwil Kemenkumham. Selanjutnya, proses berlanjut pada perpindahan federasi.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3187 seconds (0.1#10.140)