Kisah Perjuangan Shin Tae-yong Dongkrak Posisi Timnas Indonesia di Ranking FIFA

Minggu, 05 November 2023 - 18:45 WIB
loading...
Kisah Perjuangan Shin Tae-yong Dongkrak Posisi Timnas Indonesia di Ranking FIFA
Shin Tae-yong mengisahkan tentang perjuangannya mendongkrak posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA / Foto: PSSI
A A A
Shin Tae-yong mengisahkan tentang perjuangannya mendongkrak posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA . Dia menuturkan bahwa dirinya merasa senang ketika masyarakat di Tanah Air mempercayainya untuk menangani Skuad Garuda.

Pada 28 Desember 2019, Shin Tae-yong resmi diperkenalkan sebagai pelatih baru Timnas Indonesia. Penunjukkan ahli strategi asal Korea Selatan itu untuk membangun Skuad Garuda yang solid dan berprestasi.

Kolaborasi Shin Tae-yong dengan pelatih lokal dan kepercayaan yang diberikan masyarakat Tanah Air membuat beban yang berada di pundaknya terasa ringan. Itu bisa dilihat dengan keberhasilannya dalam mendongkrak posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA.



Sejak tiba, posisi Timnas Indonesia berada di peringkat 175. Setelah hampir empat tahun menangani Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sukses mengerek peringkat Skuad Garuda ke urutan 145.

Shin Tae-yong mengatakan keberhasilan menempati ranking 145 tak lepas dari para pemain yang mau mengikuti latihan darinya. Ia mengaku merasakan kebahagiaan yang dirasakan masyarakat Tanah Air, setelah mampu memperbaiki ranking Timnas Indonesia.

"Pertama, saat saya pertama kali ke sana, tim ini turun ke peringkat 175 dalam peringkat FIFA, dan ketika saya mengajari mereka satu per satu, saya bisa melihat para pemain mengikuti. Saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa saat melihat masyarakat Indonesia mempercayai dan mengikuti kami berlatih bersama di satu ruangan," kata Shin Tae-yong dikutip dari Best Eleven, Minggu (5/11/2023).


Termotivasi Bawa Timnas Indonesia ke Olimpiade 2024 dan Piala Dunia 2026


Keberhasilan Shin Tae-yong mengerek posisi Timnas Indonesia di ranking FIFA membuatnya punya motivasi lain. Salah satunya ingin membawa SKuad Garuda tampil di Olimpiade Paris 2024 dan Piala DUnia 2026.

Shin Tae-yong merasa memperbaiki performa Timnas Indonesia adalah pencapaian luar biasa dan membuatnya sangat senang. "Baru-baru ini, saya (membawa Timnas Indonesia) naik ke peringkat 145 dalam peringkat FIFA, dan saya merasakan (sebuah) pencapaian. Kini, saya punya kepercayaan diri untuk mencoba Olimpiade Paris 2024 dan Piala Dunia Amerika Utara dan Tengah 2026," tambahnya.

"Bagi saya, ini adalah endorfin dan kekuatan pendorong yang menciptakan energi. Saya sangat senang," sambungnya.

Untuk tampil di Olimpiade 2024 Paris, Timnas Indonesia harus bisa menempati posisi tiga besar di Piala Asia U-23 tahun depan yang akan berlangsung pada 15 April hingga 3 Mei mendatang. Namun, tim besutan Shin Tae-yong tidak akan mudah karena harus bersaing dengan tim-tim tangguh dari Asia.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2240 seconds (0.1#10.140)