Siapakah Joe Cordina, Juara Dunia Tinju yang Tak Terkalahkan?

Senin, 06 November 2023 - 11:11 WIB
loading...
Siapakah Joe Cordina, Juara Dunia Tinju yang Tak Terkalahkan?
Siapakah Joe Cordina, Juara Dunia Tinju yang Tak Terkalahkan?/BoxinG Scene
A A A
Siapakah Joe Cordina , juara dunia tinju kelas bulu super IBF tak terkalahkan yang baru saja memperpanjang gelarnya. Joe Cordina memperpanjang rekor menangnya menjadi 17-0 setelah mengalahkan Edward Vazquez akhir pekan lalu.

Sosok Joe Cordina yang lahir 1 Desember 1991 adalah petinju profesional asal Wales. Dia adalah juara dunia kelas bulu super dua kali, setelah memegang gelar Federasi Tinju Internasional (IBF) sejak April 2023 dan sebelumnya pada tahun 2022. Di tingkat regional, Joe Cordina menguasai gelar kelas ringan Inggris dan Persemakmuran antara tahun 2018 dan 2019.

Di ring amatir, Joe Cordina meraih medali perunggu kelas ringan di Commonwealth Games 2014 dan emas di Kejuaraan Eropa 2015. Ia juga mewakili Inggris Raya di Olimpiade Musim Panas 2016.



Joe Cordina lahir dan tumbuh di St Mellons di Cardiff. Dia mulai karier sebagai atlet sepak bola, rugby, dan apa saja. ''Semua yang sepertinya saya kuasai saat masih kecil, saya kuasai. Apakah itu mengendarai sepeda motor atau sepeda dorong,''ujarnya.

Siapa yang melatih Joe Cordina? Joe Cordina pindah dari Newport ke Essex setelah menjadi petinju profesional dan menandatangani kontrak dengan promotor Matchroom Boxing. Petinju Olimpiade, yang dilatih oleh Tony Borg di St Joseph's, telah memutuskan untuk bekerja sama dengan pelatih yang berbasis di Brentwood, Tony Sims.

Memiliki kecepatan tangan yang luar biasa dan IQ di atas ring yang otoritatif, 'Welsh Wizard' menarik perhatian publik tinju sejak ia menjadi petinju profesional pada tahun 2017. Joe memenangkan gelar pertamanya dalam pertarungan profesional ketujuhnya, menghentikan Hakim Ben Ali untuk menjadi Juara Kelas Ringan Internasional WBA.

Joe Cordina memiliki garis keturunan Malta. Ia mewakili Wales di Commonwealth Games 2014 yang diadakan di Glasgow, Skotlandia. Berlaga di divisi kelas ringan, ia mengalahkan Pat McCormack dari Inggris pada ronde pertama, David Gauthier dari Kanada pada ronde 16 besar.

Di perempat final ia mengalahkan Chad Milnes dari Selandia Baru, memastikan dirinya meraih medali perunggu. Ia kalah di semifinal dari petinju Skotlandia, Charlie Flynn, melalui keputusan juri, sehingga ia harus tersingkir dari turnamen, dan mengakhiri turnamen dengan meraih medali perunggu.



Cordina memenangkan medali emas kelas ringan pada Kejuaraan Tinju Amatir Eropa 2015 di Samokov, Bulgaria, mengalahkan Otan Eranosyan dari Georgia di final. Dia adalah satu-satunya petinju Inggris yang memenangkan medali emas di ajang tersebut. Pada Kejuaraan Tinju Dunia AIBA 2015 yang diselenggarakan di Doha, Qatar, dia mencapai perempat final divisi ringan dengan mengalahkan Kwon Chol-guk dari Korea Utara pada babak 16 besar, namun kemudian tersingkir setelah kalah dari Robson Conceição dari Brasil.

Cordina melakukan debut profesionalnya sebagai petinju kelas bulu super pada tanggal 22 April 2017 di Echo Arena, Liverpool, dengan mencetak kemenangan technical knockout (TKO) ronde keempat atas José Aguilar dalam pertandingan yang dijadwalkan berlangsung selama empat ronde.

Akhir pekan lalu, Joe Cordina mempertahankan gelar setelah menaklukkan Edward Vazquez di Casino de Monte Carlo Salle Medecin, Monte Carlo. Hakim juri Deon Dwarte memberikan angka 116-112, Jeremy Hayes 114-114 dan Jean-Robert Laine 116-112.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)