Tersihir Kemegahan Stadion JIS, Pelatih Timnas Brasil U-17: Ini Sangat Gila!

Senin, 06 November 2023 - 14:01 WIB
loading...
Tersihir Kemegahan Stadion JIS, Pelatih Timnas Brasil U-17: Ini Sangat Gila!
Pekerja mengerjakan perbaikan rumput Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Jakarta, Kamis (19/10/2023). ANTARA FOTO/Khaerul Izan/Ak/Spt.
A A A
JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Brasil U-17, Phelipe Leal, melempar pujian setinggi langit terkait kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 . Leal bahkan takjub ketika melihat kemegahan Jakarta International Stadium (JIS).

Negara kontestan Piala Dunia U-17 2023 satu persatu telah tiba di Indonesia untuk mempersiapkan diri menjelang turnamen yang akan berlangsung pada 10 November sampai 2 Desember. Terdapat empat venue yang akan digunakan untuk ajang bergengsi tersebut, yakni JIS, Stadion Manahan (Solo), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).



Salah satu negara yang sudah tiba di Tanah Air yakni Timnas Brasil U-17. Skuad muda Selecao -julukan Timnas Brasil- itu tergabung dalam Grup C bersama dengan Inggris, Iran, dan Kaledonia Baru. Adapun pertandingan penyisihan grup tersebut akan berlangsung di JIS.

Leal yang melakukan inspeksi ke stadion latihan dan venue pertandingan mengaku terkejut dengan kesiapan Indonesia. Juru taktik berusia 36 tahun itu bahkan sampai menggelengkan kepalanya karena melihat kemegahan JIS.

“Ini sangat gila,” kata Phelipe sambil menggeleng-geleng kepalanya saat melihat kemegahan stadion di Indonesia.

Pasalnya, ini adalah kali pertama Leal melawat ke Indonesia. Dia mengaku sejak drawing grup dan penetapan jadwal pertandingan, belum sempat mencari tahu perihal stadion mana yang akan mereka gunakan. Ketika melihat JIS secara langsung, dia pun dibuat kaget karena tak menyangka Indonesia memiliki stadion semegah itu. Menurutnya ini menunjukkan keseriusan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

“Saya baru pertama kali datang ke Indonesia, awalnya saya tidak sempat cari tahu di stadion mana kami akan bermain. Saya pikir mereka tidak punya persiapan yang matang untuk jadi tuan rumah. Tapi saya melihat kalau mereka punya keseriusan yang kuat,” papar Leal.

“Ini adalah stadion yang besar, punya keindahan dan saya sangat kaget mereka bisa membuat stadion seperti ini,” tambahnya.

Di sisi lain, pelatih Timnas Ekuador U-17 Diego Martinez, mengaku sempat memandang sebelah mata Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) yang lokasinya berada di tengah area persawahan. Namun, setelah melakukan inspeksi ke venue dia tak menyangka bagian dalam stadion memiliki kualitas yang baik dan megah.

“Saya awalnya bingung melihat suasana stadion di sini. Beberapa area di sekitarnya tidak terlihat ada gedung-gedung untuk istirahat dan yang ada hanya area persawahan,” ujar Martinez.

“Awalnya saya mengira kalau fasilitas di dalam stadion akan buruk, tapi ternyata mereka punya stadion yang megah dan besar. Saya harus mengapresiasi mereka yang mempersiapkan stadion semegah ini di area persawahan,” terangnya.

Seperti diketahui Timnas Ekuador U-17 berada di Grup A bersama Indonesia, Panama dan Maroko. Adapun persaingan pada grup tersebut memang akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. Pasukan Martinez akan menghadapi Timnas Indonesia U-17 di matchday perdananya pada Jumat (10/11/2023) mendatang.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3234 seconds (0.1#10.140)