3 Kesalahan Fatal Wasit Liga Inggris Musim 2023/2024, Apa Kabar VAR?

Selasa, 07 November 2023 - 06:06 WIB
loading...
3 Kesalahan Fatal Wasit Liga Inggris Musim 2023/2024, Apa Kabar VAR?
Ada sejumlah kesalahan fatal wasit Liga Inggris pada musim 2023/2024 ini / Foto: The Sun
A A A
Ada sejumlah kesalahan fatal wasit Liga Inggris pada musim 2023/2024 ini. Terbaru, kesalahan tersebut membuat Arsenal menelan kekalahan pertamanya di Premier League musim ini.

Pada pertandingan sepak bola, keputusan wasit tak jarang menimbulkan kontroversi, tak terkecuali di Liga Inggris. Padahal, perangkat pertandingan yang ditugaskan juga sudah dilengkapi berbagai teknologi canggih, termasuk Video Assistant Referee (VAR).

Penerapan VAR awalnya ditujukkan untuk mengatasi berbagai kontroversi yang mungkin muncul selama pertandingan. Namun, keberadaannya masih belum bisa menghindarkan kedua kesebelasan dari kesalahan pengambilan keputusan wasit.


Sepanjang berjalannya Liga Inggris musim 2023/2024, sudah ada beberapa kesalahan fatal yang dilakukan wasit. Berikut beberapa di antaranya.

Kesalahan Fatal Wasit di Liga Inggris Musim 2023/2024

1. Manchester United vs Tottenham Hotspur - Handball Cristian Romero


Pada pekan kedua Liga Inggris 2023/2024, Manchester United berjumpa Tottenham. Saat memasuki menit 23, Setan Merah berpotensi mendapat hadiah penalti usai sepakan Alejandro Garnacho mengenai tangan Cristian Romero.

Setelahnya, memang dilakukan pemeriksaan melalui VAR. Menariknya, wasit Michael Oliver tetap tidak memberikan penalti kepada Manchester United. Pada peluit terakhir, The Red Devils pun harus tumbang 2-0.

2. Liverpool vs Tottenham Hotspurs - Gol Luis Diaz


Liverpool sempat ditumbangkan Tottenham 1-2 pada lanjutan Liga Inggris 2023/2024, Sabtu (30/9/2023). Di balik kekalahan ini, ada beberapa keputusan kontroversial yang dilakukan wasit.

Salah satu polemik utama adalah dianulirnya gol Luis Diaz karena dianggap berada dalam posisi offside. Menariknya, wasit sempat menggunakan bantuan VAR untuk memastikannya, namun tetap saja keputusannya adalah menganulir gol tersebut.

Pasca pertandingan, Badan Wasit Profesional Liga Inggris (PGMOL) mengakui bahwa keputusan wasit sebelumnya adalah salah. Mereka pun sempat memberikan permintaan maaf ke pihak Liverpool.

3. Arsenal vs Newcastle United - Gol Anthony Gordon


Arsenal menjadi tim terbaru yang merasa dirugikan wasit dan VAR. Hal ini tak terlepas dari polemik gol Newcastle dari Anthony Gordon yang membuat The Gunners tumbang.

Mengutip Sky Sports, Senin (6/11/2023), banyak pihak yang menilai bahwa proses gol Anthony Gordon tidak sah. Dimulai dari bola yang sudah dianggap keluar lapangan sebelum diumpan, hingga posisi Joelinton yang kedapatan mendorong Gabriel Magalhaes sebelum gol.

Namun, gol Newcastle tersebut tetap disahkan oleh wasit. Padahal, mereka sebelumnya juga sudah meninjau VAR (Video Assistant Referee).

Itulah beberapa contoh kesalahan wasit Liga Inggris yang terjadi di Liga Inggris musim 2023/2024.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2170 seconds (0.1#10.140)