Dapat Restu dari FIFA, Bendera Palestina Boleh Dikibarkan Selama Piala Dunia U-17 2023

Senin, 06 November 2023 - 21:01 WIB
loading...
Dapat Restu dari FIFA, Bendera Palestina Boleh Dikibarkan Selama Piala Dunia U-17 2023
FIFA selaku otoritas tertinggi di sepak bola tak mempermasalahkan pengibaran bendera Palestina, karena ini merupakan simbol dukungan pada kemanusiaan dan perlindungan HAM / Foto: PSSI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PSSI , Erick Thohir , telah berkoordinasi dengan FIFA agar bendera Palestina diperbolehkan dikibarkan selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Menurutnya, FIFA selaku otoritas tertinggi di sepak bola tak mempermasalahkan pengibaran bendera Palestina, karena ini merupakan simbol dukungan pada kemanusiaan dan perlindungan HAM.

"FIFA menghargai kebebasan berekspresi. Apalagi pada perlindungan HAM dan kemanusiaan. Ini terutama dalam konteks pengibaran bendera Palestina. Jadi PSSI dalam hal ini menegaskan tidak ada pelarangan apalagi sanksi," kata Erick dikutip dari PSSI, Senin (6/11/2023).

Selain itu, Erick juga mengomentari isu yang berkembang bahwa Komite Disiplin PSSI menjatuhi sanksi pada Persiraja Banda Aceh akibat berkibarnya bendera Palestina. Ditegaskan, hal itu adalah sebuah disinformasi yang disebarkan oleh oknum tak bertanggung jawab.



Sebab, kata Erick, yang menjadi sorotan dalam kasus itu bukanlah bendera Palestina melainkan soal suporter melakukan pitch invasion. "Jadi tegas yang terjadi di Persiraja bukan karena ada suporter mengibarkan bendera Palestina tapi soal suporter yang melakukan pitch invasion yang hal itu tidak diperkenankan. Apalagi kita sangat ketat menerapkan standar keamanan di lapangan seusai peristiwa Kanjuruhan."

Senada dengan Erick, Ketua Komite Hukum PSSI Ahmad Riyadh menegaskan pengibaran bendera Palestina bukanlah hal yang dilarang. Karena itu, PSSI tidak memberi sanksi melainkan aspirasi.

Riyadh mempersilakan suporter untuk menyemarakkan solidaritasnya itu di bangku dan tribun stadion. Layaknya apa yang terjadi di sejumlah liga dunia yang mana suporter sepak bola membentangkan bendera dan spanduk dukungan pada nasib Palestina.



Namun, Riyadh meminta agar tidak ada suporter yang melakukan pitch invasion atau menyerbu masuk ke lapangan. Hal ini tidak diperkenankan karena melanggar peraturan dan keselamatan.

"Perlu digarisbawahi bahwa setiap bentuk pitch invasion itu dilarang. Apalagi saat ini kita sedang melakukan transformasi setelah tragedi Kanjuruhan di mana disiplin soal kode keamanan dan keselamatan adalah hal yang mutlak. Karena itu penonton menyerbu masuk ke lapangan tidak diperkenankan," kata Riyadh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6104 seconds (0.1#10.140)