3 Alasan Timnas Indonesia U-17 Tak Lakoni Uji Coba dengan Negara Lain Jelang Piala Dunia U-17

Selasa, 07 November 2023 - 19:03 WIB
loading...
3 Alasan Timnas Indonesia U-17 Tak Lakoni Uji Coba dengan Negara Lain Jelang Piala Dunia U-17
Timnas Indonesia U-17 tak lama lagi bakal membuat sejarah saat tampil di Piala Dunia U-17 2023 / Foto: PSSI
A A A
Timnas Indonesia U-17 tak lama lagi bakal membuat sejarah saat tampil di Piala Dunia U-17 2023 . Skuad Garuda Asia bakal melakoni laga perdana menghadapi Ekuador di laga pembuka Grup A, Jumat (10/11/2023).

Pada persiapan jelang Piala Dunia U-17, Timnas Indonesia U-17 sempat menggelar pemusatan latihan (TC) di Jerman. Sepanjang TC, mereka juga sudah menjalani sejumlah uji coba melawan klub-klub lokal.

Selain dengan klub lokal, Indonesia U-17 belum melakoni uji coba dengan timnas negara lain. Mengapa demikian?


Alasan Timnas Indonesia U-17 Tidak Uji Coba Lawan Negara Lain

1. Takut Risiko Cedera


Jelang bergulirnya Piala Dunia U-17, timnas Indonesia U-17 sebenarnya mendapat beberapa tawaran uji coba dari sejumlah kontestan lain. Namun, Bima Sakti selaku pelatih Garuda Asia memiliki pertimbangan lain dan memilih menolaknya.

Menurut Bima Sakti, waktunya terlalu mepet, sehingga pihaknya tidak ingin mengambil risiko apabila pemain cedera. Selain itu, kebugaran para pemain juga berpotensi menurun jika menjalani uji coba dalam waktu yang berdekatan dengan event utama.

2. Tidak Ingin Membongkar Pola Bermain


Alasan lain yang muncul adalah tidak ingin tim lawan melihat pola bermain. Hal ini sebelumnya disampaikan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Erick menyebut bahwa sebelumnya timnas Indonesia U-17 memang memiliki wacana bertanding melawan tim nasional negara lain. Namun, agenda tersebut dibatalkan karena faktor strategi.

Lebih jauh, tim kepelatihan Garuda Asia tidak mau memperlihatkan gaya bermainnya secara terang-terangan.

3. Saran dari Frank Warmouth


Timnas Indonesia U-17 sempat dijadwalkan menggelar uji coba melawan timnas muda Jerman. Namun, rencana tersebut tak terlaksana karena saran dari konsultan pelatih, Frank Warmouth.

Menurut Frank, timnas Indonesia U-17 akan lebih baik jika melawan klub daripada tim nasional. Sebagai gantinya, Garuda Asia menggelar uji coba dengan sejumlah klub lokal Jerman.

Lebih jauh, Bima Sakti juga menyebut bahwa klub yang menjadi lawan timnas Indonesia U-17 tersebut juga tidak sembarang dipilih. Menurutnya, mereka dipilih sesuai penggambaran kekuatan tim-tim yang nantinya bakal dihadapi Garuda Asia di Piala Dunia U-17.

Itulah sejumlah alasan timnas Indonesia U-17 tidak menggelar uji coba dengan timnas negara lain jelang Piala Dunia U-17 2023.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)