Persib Bandung Izinkan Pendukung Kibarkan Bendera Palestina saat Lawan Arema FC

Rabu, 08 November 2023 - 14:04 WIB
loading...
Persib Bandung Izinkan Pendukung Kibarkan Bendera Palestina saat Lawan Arema FC
Persib mengizinkan para pendukungnya atau Bobotoh untuk mengibarkan bendera Palestina saat bertanding melawan Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. / Foto: ilustrasi/M Ghani
A A A
BANDUNG - Persib Bandung mengizinkan para pendukungnya atau yang biasa disebut Bobotoh untuk mengibarkan bendera Palestina saat bertanding melawan Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (8/11/2023).

Vice Director Operational PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Andang Ruhiat menyampaikan keputusan tersebut menyusul pernyataan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir yang tidak mempermasalahkan pengibaran bendera Palestina. PSSI sendiri telah berkoordinasi dengan FIFA terkait permalahan tersebut.

Pengibaran bendera Palestina ini bisa diartikan sebagai simbol dukungan pada kemanusiaan dan perlindungan HAM. FIFA pun menghargai kebebasan berekspresi.



"Tapi bendera itu jangan sampai malah buat penonton turun ke lapangan. Seperti yang di Persiraja kan itu karena penonton turun ke lapangan, bukan masalah benderanya. Jadi sekarang bendera Palestina sudah diperbolehkan," terang Andang di Bandung, Selasa (7/11/2023).

Menurut Andang, di laga sebelumnya saat menjamu PSS Sleman, salah seorang steward menurunkan bendera Palestina yang dipasang Bobotoh di pagar Stadion. Pasalnya, keputusan untuk mengibarkan bendera Palestina belum diperbolehkan.

Kini, bendera Palestina boleh dikibarkan Bobotoh di stadion. Namun, Persib tetap mengimbau kepada seluruh suporter untuk tetap menghormati dan menaati aturan serta regulasi pertandingan yang sebelumnya telah ditetapkan, baik oleh panitia penyelenggara, regulasi kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), Kode Disiplin PSSI dan FIFA.

Salah satu hal yang tetap dianggap pelanggaran adalah pitch invasion atau tindakan suporter yang masuk ke dalam lapangan pertandingan. Karena hal tersebut merupakan tindakan yang melanggar keamanan dan keselamatan dalam pertandingan.

Selain itu, suporter pun tetap tidak diperkenankan membawa barang-barang terlarang seperti flare, spanduk, bendera atau material yang mengandung unsur kebencian, SARA, senjata tajam, minuman beralkohol, obat-obatan terlarang dan lainnya.



"Kami sudah laporkan, berkoordinasi dengan kepolisian, kita siapkan steward-nya juga sesuai dengan penonton karena rasio dari keamanan dan steward dari jumlah penonton. Alhamdulillah jumlah penonton juga sudah bertambah banyak dan itu jadi kepercayaan pada PT PBB karena Insya Allah Persib sebagai klub semakin bagus," tutupnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)