Kisah Fakhri Husaini Kabur dari TC Timnas Indonesia, Kini Bedakan Pemain Lokal dan Naturalisasi

Kamis, 16 November 2023 - 09:24 WIB
loading...
Kisah Fakhri Husaini Kabur dari TC Timnas Indonesia, Kini Bedakan Pemain Lokal dan Naturalisasi
Kisah Fakhri Husaini kabur dari TC timnas Indonesia, kini bedakan pemain lokal dan naturalisasi. / Foto: Instagram @coachfakhri
A A A
JAKARTA - Kisah Fakhri Husaini kabur dari TC timnas Indonesia, kini bedakan pemain lokal dan naturalisasi. Nama mantan pelatih timnas Indonesia U-16 itu mendadak viral dalam beberapa waktu belakangan ini.

Pada mulanya, mantan pemain PKT Bontang di era 1990-an itu mengkritik tentang pemain naturalisasi. Dia meminta masyarakat bola Tanah Air untuk tidak terlalu memuja pemain naturalisasi terlalu berlebihan, karena itu bisa menyakiti perasaan pemain lokal.

"Tanpa disadari, pujian yang berlebihan (kepada pemain naturalisasi) ini bisa menyakiti pemain lokal," ujar Fakhri Husaini saat menjadi narasumber sebuah acara di media center Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, seperti dikutip dari kanal YouTube Omah Balbalan, Kamis (16/11/2023).



Dia mengingatkan publik agar tidak mengesampingkan peran pemain lokal. Pasalnya, para pemain lokal juga memiliki kontribusi penting buat timnas Indonesia. "Ini sepak bola, 11 orang, perlu hati-hati di sini," pesannya.

"Tapi ketika pujian berlebihan kepada pemain naturalisasi, seolah-olah keberhasilan timnas kita sekarang ini karena mereka," paparnya.

Seperti diketahui, PSSI, terutama di masa kepelatihan Shin Tae-yong gemar untuk melakukan naturalisasi pemain. Selain di level senior, hal tersebut juga terjadi di timnas kelompok umur. Meskipun begitu, proses naturalisasi tidak dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, sang pemain harus memiliki darah Indonesia dan memiliki kualitas permainan yang baik.

Jauh sebelumnya, Fakhri Husaini juga pernah mengkritik proses pengembangan pemain sepak bola Tanah Air. "Ternyata yang dimaksud dengan 'Percaya Proses' adalah 'Percaya Proses Naturalisasi', ya....Mantapss," tulis Fakhri dalam keterangan posting-annya yang diunggah 12 November 2021.

Karena kritikannya tersebut, Fakhri pun menjadi sorotan publik, terutama di dunia maya. Masa lalu pria 58 tahun itu pun mulai dikorek netizen. Bahkan, kaburnya Fakhri dari TC timnas SEA Games 1991 dijadikan pembahasan warganet.

Fakhri Husaini dalam sebuah kesempatan sempat mengaku jika dirinya bersama rekannya, Jaya Hartono kabur dari timnas Indonesia. Dia membeberkan kisah dan alasannya mengapa dirinya tidak ikut terbang ke Manila untuk tampil di SEA Games 1991.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7099 seconds (0.1#10.140)