Klub Liga Inggris Tolak Pergantian 5 Pemain, VAR Tetap Digunakan Musim Depan

loading...
Klub Liga Inggris Tolak Pergantian 5 Pemain, VAR Tetap Digunakan Musim Depan
Klub Liga Inggris menolak untuk melanjutkan penerapan pergantian lima pemain pada musim 2019/2020. Sementara pemegang saham dengan suara bulat menyetujui penerapan Video Assistant Referee (VAR) atau sejalan dengan protokol VAR FIFA / Foto: Premier League
A+ A-
LONDON - Klub Liga Inggris menolak untuk melanjutkan penerapan pergantian lima pemain pada musim 2019/2020. Sementara pemegang saham dengan suara bulat menyetujui penerapan Video Assistant Referee (VAR) atau sejalan dengan protokol VAR FIFA.

Keputusan itu didapat setelah menggelar rapat umum tahunan Liga Inggris, Kamis (6/8) waktu setempat. "Para pemegang saham dengan suara bulat menyetujui penerapan VAR, sejalan dengan protokol VAR FIFA. Klub juga sepakat untuk kembali menggunakan tiga pemain pengganti per pertandingan, dengan maksimum tujuh pemain pengganti di bangku cadangan," demikian pernyataan resmi dikutip dari Premier League, Jumat (7/8).

Sekadar informasi, aturan pergantian lima pemain muncul setelah kompetisi domestik dilanjutkan pada Juni lalu, setelah ditangguhkan akibat pandemi virus corona. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan yang lebih besar kepada tim untuk mengurangi risiko pemain kehabisan tenaga selama jadwal padat di bulan Juni dan Juli.

FIFA memberikan izin kepada negara-negara anggota untuk tetap menggunakan aturan lima pemain pengganti jika mereka menginginkannya, Tetapi Liga Inggris justru menolaknya. (Baca juga: Pandemi Covid-19 Turunkan Brand Klub Sepak Bola Eropa)

Sementara terkait VAR. Juli lalu, Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) mengalihkan tanggung jawab VAR ke FIFA. IFAB akan terus bekerja sama dengan FIFA, terutama dalam hal protokol VAR, Undang-undang terkait, dan persyaratan kualifikasi. Ada lima bidang utama yang menyoroti perbedaan dalam penerapan VAR pada musim 2020/21. (Baca juga: Aubameyang Jadi Penyihir Hogwarts di Hari Ulang Tahun Anak)



Berikut 5 Perbedaan VAR di Liga Inggris Musim Depan:

1. Referee Review Area (RRA)
Peningkatan penggunaan RRA, yang akan digunakan untuk keputusan subjektif di tiga area utama, yakni gol, kartu merah dan tendangan penalti.

2. Gangguan kiper pada tendangan penalti
Protokol tidak memungkinkan untuk tingkat toleransi, jadi ketika kiper menghadapi tendangan penalti dan kakinya melewati garis maka VAR akan menyarankan itu diambil kembali. Jika penjaga gawang keluar dari garisnya dan bola mengenai tiang atau melewati, itu tidak akan direbut kembali kecuali 'penjaga gawang memiliki dampak material pada tendangan yang dilewatkan

3. Pelanggaran pemain pada tendangan penalti
Sekarang dinilai berdasarkan bagian tubuh pemain mana pun yang berada di tanah saat tendangan dilakukan. Jadi jika ada bagian kaki yang berada di area penalti atau garis lengkung, itu adalah pelanggaran. Pemain harus tetap memberikan dampak material pada hasil tendangan

4.Offside
Protokol tidak mengizinkan tingkat toleransi



5. Menurunkan bendera untuk pelanggaran offside marjinal yang ketat
Ketika peluang mencetak gol langsung mungkin terjadi, asisten wasit akan menahan bendera mereka sampai permainan selesai. Setelah peluang mencetak gol selesai, baik gol sudah dicetak atau peluang hilang, asisten kemudian akan mengibarkan bendera untuk menunjukkan pelanggaran awal. Jika suatu gol dicetak, VAR kemudian akan meninjau penilaian offside.
(sha)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top