Profil Michael Weiss Pelatih Timnas Filipina yang Pernah Meremehkan Timnas Indonesia

Selasa, 21 November 2023 - 15:01 WIB
loading...
Profil Michael Weiss Pelatih Timnas Filipina yang Pernah Meremehkan Timnas Indonesia
Profil Michael Weiss Pelatih Timnas Filipina yang Pernah Meremehkan Timnas Indonesia
A A A
MANILA - Profil Michael Weiss pelatih Timnas Filipina yang pernah meremehkan Timnas Indonesia akan diulas di artikel ini. Weiss akan menjadi sorotan di laga Timnas Indonesia vs Filipina nanti malam.

Seperti kita ketahui, Timnas Indonesia akan melawat ke markas Filipina di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pertandingan akan digelar di Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (21/11/2023) pukul 18.00 WIB.



Pada pekan lalu, sebelum bentrokan kedua tim, Pelatih Filipina Michael Weiss membuat pernyataan ke publik yang bernada meremehkan Timnas Indonesia. Dikutip Thethao, Michael Weiss mengatakan bahwa laga melawan Timnas Indonesia akan terasa mudah karena Indonesia tak terbiasa tampil di lapangan sitetis.

"Sulit juga bagi mereka untuk bermain melawan kami di lapangan sintetis, apalagi kami sudah terbiasa dengan hal itu," kata Michael Weiss beberapa waktu lalu.

Menempati ranking 138 FIFA membuat Filipina diunggulkan untuk mendapatkan kemenangan dibandingkan Timnas Indonesia yang berada di posisi 145 dunia. Namun, Michael Weiss mengakui adanya tekanan besar untuk laga melawan Skuad Garuda.

“Pasti ada tekanan. Ada tekanan besar, itu pasti,” kata Michael Weiss dikutip dari Rappler, Selasa (21/11/2023).

Pelatih asal Jerman itu mengatakan laga melawan Timnas Indonesia akan sangat penting untuk mendapatkan hasil bagus bagi Filipina. Meski kalah dari Vietnam, tetapi Michael Weiss menilai The Azkals -julukan Timnas Filipina- menunjukan performa apik.

Lantas, seperti apa sosok Michael Weiss?


Hans Michael Weiss atau biasa disapa Michael Weiss, merupakan pelatih asal Jerman yang lahir pada 11 Maret 1965. Ia lahir di Dannenfels, Jerman Barat.

Karier Michael Weiss dimulai dari tingkat manajerial yakni sebagai asisten manajer tim asal Jepang, Kyoto Purple Sanga pada tahun 2001. Pada 2004, Michael Weiss menyeberang dan menjadi asisten manajer di Timnas China U-20 selama dua tahun hingga 2006.

Setelah berkarier di China, pria berusia 56 tahun ini mengambil pekerjaan sebagai Direktur Teknik Timnas Rwanda, sekaligus melatih tim U-20 negara Afrika tersebut.

Usai berkarier di Afrika, Michael Weiss kemudian menerima pinangan tim U-23 dan senior Filipina pada Januari 2011 setelah dirujuk oleh Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB).

Di tangannya, Filipina mampu mencetak sejarah untuk kali pertama menembus ranking tertingginya di FIFA, yakni ranking 127. Setelah tiga tahun membela The Azkals, Michael Weiss dan Filipina pun berpisah pada Januari 2014.

Setelah itu, Weiss malang melintang menukangi cukup banyak tim, termasuk Laos U-23 yang membuat kejutan dengan mengalahkan Malaysia U-23 di Piala AFF U-23 2022. Weiss kemudian kembali melatih Filipna sampai saat ini.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)