Exco PSSI Arya Sinulingga Sebut Chow-Yun Damanik Juga Diminati Timnas Swiss

Senin, 27 November 2023 - 01:01 WIB
loading...
Exco PSSI Arya Sinulingga Sebut Chow-Yun Damanik Juga Diminati Timnas Swiss
Exco PSSI Arya Sinulingga Sebut Chow-Yun Damanik Juga Diminati Timnas Swiss
A A A
JAKARTA - PSSI harus cermat dan cepat dalam memproses naturalisasi Chow-Yun Damanik. Sebab sang gelandang bertahan rupanya juga diminati Timnas Swiss .

Hal ini disampaikan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga kala berbincang dengan pelatih Timnas Indonesia U-17 Bima Sakti. Adapun informasi terkait minat Timnas Swiss terhadap Chow didapat Arya melalui sang agen.

"Bahkan agennya ngomong sama saya juga, dia bilang, 'ini harus Anda ambil, kalau nggak diambil sama Swiss nih'," kata Arya menirukan kalimat yang disampaikan sang agen, dikutip Podcast Bebas ID, Minggu (26/11/2023).



Arya berharap Chow tetap memilih Timnas Indonesia sebagai tempat meniti karier di level internasional. Terlebih Chow merupakan pemain kelas Eropa yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

"Ya kita juga tahu, makanya kita berharap mudah-mudahan nanti nggak (direbut oleh Swiss) lah," imbuh Arya Sinulingga.

Chow tadinya diproyeksikan membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Ya, pemain berusia 16 tahun ini merupakan satu dari tiga pemain diaspora yang dipilih Bima Sakti di samping Welber Halim Jardim dan Amar Brkic.

Namun hal itu terhambat proses administrasi pembuatan paspor. Dibutuhkan bukti bahwa sang ibu melahirkan Chow dalam keadaan masih berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Pasalnya, ibunda Chow saat ini sudah melepas status WNI-nya. PSSI gagal mendapatkan dokumen bukti sang Ibu masih WNI saat melahirkan Chow.

Chow pun baru bisa membela Timnas Indonesia usai menjalani proses naturalisasi istimewa, seperti yang sudah ditempuh senior-seniornya seperti Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick hingga Ivar Jenner. Namun proses naturalisasi tersebut baru bisa dimulai jika subjek sudah berusia 18 tahun.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)