Hasil MotoGP Valencia 2023: Francesco Bagnaia Juara Dunia, Jorge Martin Kecelakaan

Minggu, 26 November 2023 - 21:59 WIB
loading...
Hasil MotoGP Valencia 2023: Francesco Bagnaia Juara Dunia, Jorge Martin Kecelakaan
Hasil MotoGP Valencia 2023: Francesco Bagnaia Juara Dunia, Jorge Martin Kecelakaan. Foto: MotoGP
A A A
VALENCIA - Pembalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia keluar menjadi juara dunia MotoGP 2023 . Kepastian itu didapat setelah pesaing terdekatnya, Jorge Martin terjatuh, dan Bagnaia mengamankan posisi terdepan pada seri balapan terakhir di MotoGP Valencia 2023.

Balapan tersebut berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol pada Minggu (26/11/2023) malam WIB. Bagnaia yang memulai balapan dari grid pertama sukses mengunci gelar MotoGP kedua sepanjang kariernya.



Francesco Bagnaia mengawali balapan dengan hampir sempurna. Pembalap asal Italia itu tidak melakukan kesalahan dan langsung tancap gas meninggalkan rival-rivalnya. Sementara, Jorge Martin (Ducati Pramac) mendapatkan hal buruk pada awal balapan.

Ya, Martin melakukan kesalahan fatal pada tikungan pertama. Akibatnya, pembalap asal Spanyol itu harus turun dari posisi kedua menjadi kedelapan. Setelah itu, Martinator -julukan Jorge Martin- terjatuh saat balapan akan memasuki lap keenam.

Dengan demikian, gelar juara MotoGP 2023 dipastikan akan jatuh ke tangan Bagnaia. Martin yang terjatuh terlihat menangisi kegagalannya di pinggir Sirkuit Ricardo Tormo. Marc Marquez (Repsol Honda) juga terjatuh.

Di sisi lain, Bagnaia turun dua urutan menjadi peringkat ketiga. Posisinya diambil alih oleh duo Red Bull KTM, Brad Binder dan Jack Miller yang tampil trengginas pada pertengahan balapan. Bagnaia berusaha keras untuk kembali ke urutan pertama.

Memasuki lap ke-14, Binder yang melakukan kesalahan fatal pada tikungan ke-10 turun lima peringkat. Kini, pembalap Afrika Selatan itu menempati urutan keenam. Sementara, posisinya dikudeta oleh Miller.

Akan tetapi, Miller justru terjatuh pada tikungan ke-10 ketika balapan memasuki lap ke-20. Bagnaia yang tepat berada di belakangnya langsung mengambil alih posisi pertama. Pada akhirnya, Bagnaia berhasil mengunci kemenangan sekaligus gelar juara MotoGP kedua dalam kariernya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)