Jadwal Tinju Dunia Kazuto Ioka vs Josber Perez: Perebutan Sabuk WBA

Senin, 27 November 2023 - 19:19 WIB
loading...
Jadwal Tinju Dunia Kazuto Ioka vs Josber Perez: Perebutan Sabuk WBA
Jadwal Tinju Dunia Kazuota Ioka vs Josber Perez: Perebutan SabuK WBA/X
A A A
Jadwal tinju dunia Kazuto Ioka vs Josber Perez untuk perebutan gelar juara dunia WBA akan berlangsung di Tokyo, Jepang, pada malam Tahun Baru 2024. Kazuto Ioka akan melanjutkan tradisi tinju akhir tahun, meskipun tidak melawan lawan yang diinginkannya.

Pemegang gelar juara dunia kelas bantam junior WBA empat divisi dan pemegang gelar juara dunia kelas bantam junior WBA ini akan mempertahankan sabuknya melawan Josber Perez dari Venezuela pada tanggal 31 Desember di Ota-City General Gymnasium, Tokyo. Pertarungan ini secara resmi diumumkan dalam konferensi pers pada Senin sore waktu setempat di Abema TV, yang akan menayangkan acara tinju terakhir di tahun 2023.



Ioka akan memuncaki acara tinju Malam Tahun Baru ke-12, sebuah tradisi yang dimulai sejak tahun 2011 pada tahun pertamanya sebagai penantang utama. Petinju berusia 34 tahun asal Osaka ini - yang kini tinggal di Tokyo dan berlatih di bawah bimbingan Ismael Salas yang berbasis di Las Vegas - memiliki rekor 9-1-1, hasil imbang yang didapatnya saat mencoba unifikasi WBO/WBA melawan Joshua Franco satu tahun yang lalu.

Pertandingan ulang mereka pada 24 Juni lalu, Ioka (30-2-1, 15KO) dengan mudah mengungguli Franco yang kelebihan berat badan, yang kehilangan gelarnya di atas timbangan dan pertarungan di dalam ring, lalu pensiun. Ioka merebut sabuk WBA dengan kemenangan ini, meskipun harus mengorbankan gelar juara kelas bantam junior WBO yang dicopotnya karena gagal menghadapi penantang wajib yang merupakan rekan senegaranya, Junto Nakatani.

Ioka memiliki rekor 7-1-1 dalam perebutan gelar utama di kelas bantam junior, dan 16-2-1 (7KO) dalam pertandingan yang mempertaruhkan gelar utama di empat divisi. Harapan untuk tanggal ini adalah untuk sekali lagi menyatukan mereka. Seperti yang dilaporkan BoxingScene.com sebelumnya, Ioka sedang dalam pembicaraan dengan juara dunia dan juara WBC, Juan Francisco Estrada. Segala sesuatunya tampak berjalan dengan baik sebelum mereka tiba-tiba membentur tembok dan dengan cepat runtuh.

Ioka segera mencari lawan yang sama dengan yang diinginkannya, namun ia harus puas dengan penantang yang memiliki peringkat lebih tinggi. Perez (20-3, 18KO) akan memasuki laga perebutan gelar kedua dalam kariernya. Ia gagal dalam pertarungan pada bulan Februari 2020 melawan pemegang gelar juara dunia kelas terbang WBA yang tak terkalahkan, Artem Dalakian, saat bertanding di Kiev, Ukraina. Tiga kemenangan beruntun diraih oleh penantang berusia 28 tahun ini, walau melawan lawan-lawan di bawah standar dan ia masih mengincar kemenangan pertamanya dalam laga tandang.

Dalam satu-satunya laga di luar Venezuela, Perez kalah melalui keputusan juri pada bulan Juli 2019 dari Rober Barrera di Barranquilla, Kolombia. Ioka pertama kali memulai tradisi Malam Tahun Baru di kampung halamannya, Osaka. Ia mempertahankan gelar WBC strawweight miliknya untuk kedua kalinya melalui kemenangan KO pada ronde pertama Desember 2011 atas Yodgoen Tor Chalermcha dari Thailand.

Satu laga kemudian, ia mengalahkan rekan senegaranya, Akira Yaegashi, dalam pertarungan mereka di bulan Juni 2012, yang menandai perebutan gelar juara dunia antara dua pemegang gelar dari Jepang. Lima ajang utama akhir tahun pertama bagi Ioka berlangsung di Osaka sebelum ia menjadi pembuka pada tahun 2016 di Kyoto. Satu-satunya tahun di mana tradisi ini terputus adalah pada tahun 2017, saat Ioka secara tiba-tiba pensiun dari olahraga ini.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2506 seconds (0.1#10.140)