Langgar Perjanjian, Tim RNF Aprilia Didepak dari MotoGP 2024

Selasa, 28 November 2023 - 23:03 WIB
loading...
Langgar Perjanjian, Tim RNF Aprilia Didepak dari MotoGP 2024
Tim RNF Aprilia resmi didepak dari MotoGP 2024. Kabar mengejutkan ini datang setelah mereka melakukan pelanggaran perjanjian / Foto: RNF MotoGP Team (@rnfracingteam)
A A A
Tim RNF Aprilia resmi didepak dari MotoGP 2024. Kabar mengejutkan ini datang setelah mereka melakukan pelanggaran perjanjian.

"Komite Seleksi MotoGP, yang terdiri dari anggota FIM, IRTA dan Dorna Sports, telah memutuskan tidak memilih CryptoDATA MotoGP Team untuk musim 2024. Pelanggaran berulang dan pelanggaran terhadap Perjanjian Partisipasi (Participation Agreement) yang mempengaruhi citra publik MotoGP mengharuskan keputusan ini," bunyi pernyataan di laman resmi MotoGP.

Dengan begitu, tim satelit Aprilia bakal disokong oleh Tim Independen baru, yang menggunakan motor RS-GP mereka pada MotoGP 2024 mendatang. Komite Seleksi akan meninjau permohonan dari tim-tim yang tertarik untuk bergabung ke balapan kuda besi paling bergengsi di dunia itu.



Menurut laporan Speedweek, pada Selasa (28/11/2023), didepaknya tim CryptoDATA RNF, terjadi karena adanya keretakan antara CEO CryptoDATA, Ovidiu Toma, Kepala Tim RNF, Razlan Razali dan pihak Dorna Sports yang mulai terendus di GP Qatar 2023 lalu. Puncak perselisihan mereka mencapai puncaknya pada seri terakhir di Valencia akhir pekan lalu karena sudah jelas bahwa Manajer dan Konsultan Sponsor Dorna, Jeremy Appleton telah membawa sekelompok investor dari Amerika Serikat ke paddock MotoGP pada GP Austria 2023 lalu untuk mengambil alih tim MotoGP.

Tuduhan berulang mengenai inkonsistensi keuangan tim RNF Aprilia terdengar dalam beberapa pekan terakhir. Sampai akhirnya Komite Seleksi memutuskan untuk tak memberikan lisensi kepada mereka untuk musim depan.

Saat ini, Komite Seleksi terus mempertimbangkan lamaran untuk dua slot tim satelit Aprilia tersebut. Permohonan dari Leopard Racing kabarnya telah ditolak. Namun, kabarnya jutawan Amerika Serikat, Justin Marks, yang memiliki tim Trackhouse NASCAR, tertarik untuk mengambil alih tim independent itu di MotoGP dengan menggunakan motor dari Aprilia. Dia pun dilaporkan siap untuk membajak seluruh tim teknis RNF serta kontrak dengan Aprilia Racing.



Kendati tim RNF Aprilia didepak musim depan, tidak ada perubahan pembalap yang terjadi di tim mereka karena Miguel Oliveira dan Raul Fernandez masih memiliki kontrak dengan Aprilia hingga akhir musim 2024 mendatang. Akan tetapi, hanya Fernandez yang akan melakukan tes pasca musim di Aprilia pada hari ini, Selasa (28/11/2023) karena Oliveira masih menderita patah tulang belikat setelah kecelakaan di Qatar dua pekan lalu.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)