Marc Marquez Titip Pesan ke Honda: Motor RC213V Kurang Cepat!

Selasa, 05 Desember 2023 - 06:02 WIB
loading...
Marc Marquez Titip Pesan ke Honda: Motor RC213V Kurang Cepat!
Marc Marquez Titip Pesan ke Honda: Motor RC213V Kurang Cepat!
A A A
MOTEGI - Pembalap anyar Gresini Ducati yang baru pindah dari Repsol Honda, Marc Marquez , menitipkan pesan kepada tim lamanya tersebut untuk meningkatkan kecepatan motor RC213V mereka. Sebab menurutnya, hal itulah yang menjadi penyebab utama dirinya tak mampu bersaing di papan atas pada MotoGP 2023.

The Baby Alien -julukan Marquez- memutuskan hengkang dari Honda setelah 11 musim bersama untuk bergabung dengan Gresini Ducati. Hal itu dilakukannya agar bisa tampil kompetitif lagi di papan atas setelah menjalani momen-momen buruk dalam kariernya dalam beberapa musim terakhir bersama tim pabrikan asal Jepang itu.



Sesi Kualifikasi di GP Qatar 2023 lalu menjadi salah satu bukti bahwa Marquez sangat memaksakan motornya untuk bisa start dari barisan depan dengan melakukan towing . Kala itu, dia mampu mengamankan posisi ketujuh di garis start, sedangkan rekan-rekan Honda-nya, Joan Mir, Iker Lecuona dan Takaaki Nakagami, di posisi tiga terakhir urutan 20, 21 dan 22.

Marquez pun mengakui bahwa apa yang dilakukannya bisa dibilang sudah melampaui batas kemampuan motornya. Namun, dia menjelaskan bahwa hal itu harus dilakukan agar dia bisa start dari barisan depan karena motornya tak punya top speed alias kecepatan tertinggi yang bagus. Rider berusia 30 tahun itu pun berpesan agar Honda bisa memperbaiki hal tersebut selepas kepergiannya.

“Karena kami tidak mempunyai kecepatan tertinggi yang cukup. Insinyur Honda mengetahui hal ini dan mereka perlu memperbaiki hal ini di masa depan. Karena Anda tidak bisa selalu mengandalkan kemampuan menyelamatkan akhir pekan melalui manuver seperti yang dilakukan di Qatar” kata Marquez dikutip, Speedweek, Senin (4/12/2023).

Hal tersebut berbanding terbalik dengan apa yang dikatakan Marquez selepas tes pramusim di Malaysia awal tahun ini bahwa motornya sudah punya tenaga yang cukup untuk bersaing. Lantas, apakah Honda sama sekali tak melakukan peningkatan sepanjang musim MotoGP 2023?

Juara MotoGP enam kali itu menyangkalnya. Menurutnya, kecepatan motornya berkurang karena menggunakan sayap yang lebih besar setelah tes di Malaysia tersebut. Dia menilai lambatnya top speed motor RC213V-nya membuatnya sering kehilangan posisi dalam balapan ketika melaju di trek lurus.

“Saat saya membuat komentar ini di Sepang, kami menggunakan aerodinamika yang sangat kecil. Baru-baru ini kami memiliki sayap yang jauh lebih besar, yang berarti kecepatan tertinggi lebih rendah. Kami pasti membutuhkan lebih banyak tenaga mesin untuk winglet yang lebih besar,” jelas bintang asal Spanyol itu.

“Sebagai seorang pembalap, saya memberikan yang terbaik di lintasan dan hingga akhir saya selalu berusaha memberikan feedback terbaik kepada para insinyur Honda dan mengarahkan mereka ke arah yang benar untuk masa depan,” tambahnya.

“Di Qatar, saya jelaskan kepada mereka: Tanpa kecepatan tertinggi Anda tidak bisa melakukan apa pun dalam satu kejuaraan. Karena saya kehilangan posisi di setiap lintasan lurus dalam balapan,” pungkasnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2345 seconds (0.1#10.140)