Sah! Justin Hubner Jadi WNI usai Diambil Sumpah, Siap Perkuat Timnas Indonesia

Rabu, 06 Desember 2023 - 11:25 WIB
loading...
Sah! Justin Hubner Jadi WNI usai Diambil Sumpah, Siap Perkuat Timnas Indonesia
Sah! Justin Hubner Jadi WNI usai Diambil Sumpah, Siap Perkuat Timnas Indonesia
A A A
JAKARTA - Calon pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Justin Quincy Hubner, sah menjadi Warga Negara Indonesia ( WNI ). Hubner resmi menjadi WNI usai diambil sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi, pemain Wolverhampton U-21 itu datang tanpa pengawalan ketat pada pukul 9.50 WIB. Dengan mengenakan kacamata hitam, setelan jas warna hitam, dasi hitam, dan kopiah, dia langsung berjalan memasuki Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta untuk diambil sumpah WNI.



Prosesi pengambilan sumpah dipimpin oleh Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun. Prosesi itu tidak bisa dihadiri oleh awak media, namun bisa dilhat melalui tayangan live streaming pada kanal youtube PSSI. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, tak lama setelah itu Hubner pun langsung diambil sumpah.

"Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh," ucap Hubner yang mengikuti ucapan Kepala Kanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun.
Sah! Justin Hubner Jadi WNI usai Diambil Sumpah, Siap Perkuat Timnas Indonesia

"Melepaskan, seluruh kesetiaan setia kepada kekuasaan hati, dengan ini tunduk dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan undang-undang dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945," lanjutnya.

"Dan akan membelanya, dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan, kewajiban, yang dibebankan negara kepada saya, sebagai warga negara Indonesia, dengan tulus dan ikhlas," tandas pemain kelahiran Belanda tersebut.

Seperti diketahui, sejatinya proses naturalisasi Hubner sudah disetujui DPR bersamaan dengan Ivar Jenner dan Rafael Struick. Ketiga pemain ini diproyeksikan masuk skuad Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023. Tapi, hanya Rafael dan Ivar yang disumpah menjadi WNI seiring batalnya Piala Dunia U-20 2023.

Kemudian, proses naturalisasi Hubner pun mengambang begitu saja. Lalu beberapa bulan terakhir, PSSI kembali melanjutkan proses naturalisasi pemain Wolverhampton U-21 tersebut. Dan akhirnya, bek kelahiran Belanda itu kini telah resmi menjadi WNI usai diambil sumpah.

Dengan begitu, Hubner berpeluang besar membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang dijadwalkan berlangsung pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024 mendatang. Di ajang tersebut, Skuad Garuda tergabung dalam Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang.

Menatap ajang tersebut, tim polesan Shin Tae-yong dijadwalkan akan bertolak ke Turki untuk menjalani TC pada 20 Desember 2023. Jika Hubner masuk dalam daftar panggilan, dia praktis akan menambah kekuatan Skuad Garuda di lini belakang dalam ajang yang dihelat di Qatar itu.

Selain Hubner, PSSI juga sedang mendorong beberapa nama untuk segera dinaturalisasi. Mereka adalah Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, dan Ragnar Oratmangoen. Manuver yang dilakukan PSSI ini tak luput demi Timnas Indonesia bisa terbang lebih tinggi dalam mengarungi turnamen-turnamen bergengsi yang akan dimainkan.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4028 seconds (0.1#10.140)