Kenapa Justin Hubner Lebih Pilih Timnas Indonesia Ketimbang Belanda?

Rabu, 06 Desember 2023 - 17:01 WIB
loading...
Kenapa Justin Hubner Lebih Pilih Timnas Indonesia Ketimbang Belanda?
Kenapa Justin Hubner Lebih Pilih Timnas Indonesia Ketimbang Belanda?
A A A
JAKARTA - Calon pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Justin Hubner, mengungkap alasannya memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) ketimbang Belanda. Hubner mengatakan, Indonesia memiliki suporter yang besar dan memiliki generasi yang bagus.

Hubner telah sah menjadi WNI. Pemain Wolverhampton U-21 itu resmi menjadi WNI usai mengucap sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Rabu (6/12/2023) pagi WIB.



Seperti diketahui, sejatinya proses naturalisasi Hubner sudah disetujui DPR bersamaan dengan Ivar Jenner dan Rafael Struick. Ketiga pemain ini diproyeksikan masuk skuad Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023. Tapi, hanya Rafael dan Ivar yang disumpah menjadi WNI seiring batalnya Piala Dunia U-20 2023.

Setelah itu, proses naturalisasi Hubner pun sempat terhenti. Dia bahkan sempat masuk skuad Belanda U-20 disaat berjalannya proses naturalisasinya menjadi WNI. Situasi itu menjadi kabar mengejutkan karena banyak yang beranggapan dia tidak akan memilih menjadi bagian dari Timnas Indonesia.

Namun secara mengejutkan, PSSI kembali melanjutkan proses naturalisasi Hubner. Dan akhirnya, dia pada hari ini telah resmi menjadi WNI. Lantas pastinya timbul pertanyaan mengapa pada akhirnya dia menjatuhkan pilihan untuk menjadi WNI.

Hubner pun menjawab bahwa Indonesia memiliki basis suporter yang lebih besar ketimbang Belanda. Kemudian juga pemain berusia 20 tahun ini menilai kalau Timnas Indonesia akan mencapai prestasi gemilang karena memiliki generasi yang bagus.

“Saya merasa Indonesia punya suporter yang lebih besar dari Belanda,” ungkap Hubner kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Rabu (6/12/2023).

“Saya berpikir kita punya generasi yang bagus dan bisa mencapai banyak hal dengan generasi ini,” sambungnya.

Hubner tak bisa menutupi rasa senangnya bisa menjadi WNI. Pemain Wolverhampton ini juga sudah tidak sabar bisa membela Timnas Indonesia di berbagai ajang yang akan dimainkan.

“Saya sangat bahagia dan bangga bisa bermain untuk timnas Indonesia,” imbuh Hubner.

Dengan rampungnya proses naturalisasi ini, kemungkinan besar Hubner akan membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang dijadwalkan berlangsung pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024 mendatang. Di ajang tersebut, Skuad Garuda tergabung dalam Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang.

Menatap ajang tersebut, tim polesan Shin Tae-yong dijadwalkan akan bertolak ke Turki untuk menjalani TC pada 20 Desember 2023. Jika Hubner masuk dalam daftar panggilan, dia praktis akan menambah kekuatan Skuad Garuda di lini belakang dalam ajang yang dihelat di Qatar itu.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1498 seconds (0.1#10.140)