PBSI Targetkan 3 Wakil Indonesia Tembus Final BWF World Tour Finals 2023, Siapa Saja?

Jum'at, 08 Desember 2023 - 22:02 WIB
loading...
PBSI Targetkan 3 Wakil Indonesia Tembus Final BWF World Tour Finals 2023, Siapa Saja?
PBSI Targetkan 3 Wakil Indonesia Tembus Final BWF World Tour Finals 2023, Siapa Saja?
A A A
JAKARTA - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI , Rionny Mainaky, menargetkan tiga wakil Indonesia bisa menembus final BWF World Tour Finals (WTF) 2023. Namun menurutnya, bisa saja para atletnya masuk final di semua sektor yang mereka ikuti jika dalam kondisi yang prima.

Indonesia memiliki enam wakil yang lolos ke WTF 2023. Turnamen penutup tahun yang mempertemukan delapan pemain terbaik tahun ini di lima sektor yang ada itu dijadwalkan berlangsung pada 13-17 Desember mendatang di Hangzhou, China.

Adapun enam wakil Indonesia yang bakal mentas di WTF 2023 adalah Anthony Sinisuka Ginting (Tunggal Putra), Jonatan Christie (Tunggal Putra), Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri (Ganda Putra), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Ganda Putra), Gregoria Mariska Tunjung (Tunggal Putri) dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (Ganda Putri). Hanya di sektor ganda campuran, tak ada utusan Tim Merah-Putih yang tampil.



Dari enam wakil tersebut, Rionny tak menyebutkan memasang target juara. Dia hanya optimis ada dua wakil yang mampu lolos ke final melihat kondisi para pemain yang bisa dibilang kelelahan setelah menjalani turnamen sepanjang tahun ini.

“Ya paling kurang dua final lah kita. Dalam kondisi ini juga sama dengan negara lain, bukan kita aja, dari negara lain juga sama, mereka lagi capek juga,” kata Rionny kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia, saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (6/12/2023).

“Jadi siapa yang pinter jaga kondisi, recovery, latihannya dalam waktu jangka pendek bisa bagus, caranya bagaimana sebagai atlet itu pasti hasilnya lebih bagus (itu yang juara),” tambahnya.

Lebih lanjut, Rionny mengoreksi ucapannya sendiri. Dia mengatakan secara realistis ada tiga wakil yang bisa melaju ke final di WTF 2023, yakni dari sektor tunggal putra, tunggal putri dan ganda putra. Kepercayaan dirinya di sektor tunggal putri, yang biasanya tak diunggulkan, muncul setelah melihat Gregoria bisa menjadi juara di Kumamoto Japan Masters 2023 beberapa waktu lalu.

Bahkan menurutnya, bisa jadi Indonesia meloloskan lolosnya di setiap sektor yang ada. Namun dengan syarat, Apriyani, yang sedang dalam masa pemulihan cedera betis, bisa pulih sepenuhnya sehingga bisa tampil maksimal di WTF 2023.

“Kalau Grego saya lihat dia berangkat ke Jepang sakit kan, latihan cuma tiga hari, tapi bisa juara. Memang kita lihat dari undian kan, namanya peluang juara pasti ada,” ujar Rionny.

“Jadi ganda putra, tunggal putri, tunggal putra kita harapkan bisa ya (ke final). Kalau Apri lagi fit kita bisa targetin bisa final semua, cuma Aprinya masih belum fit,” tambahnya.

“Grego fit saya lihat, Jojo sama Ginting bagus, Fajri dan Bakri sebenarnya kurang tidur aja, sama istirahat. Besok paling kita latihan tambahan sore aja, enggak apa-apa biar mereka jaga kondisi karena kalau terlalu ambisi, enggak dikontrol, bahaya juga,” tuturnya.

“Jadi bisa dibilang kita target ada tiga (yang final), tinggal kalau Apri bisa maksimal sembuhnya total, bisa bagus kondisinya, semua sektor bisa lah masuk final, paling kurang semi lah,” pungkasnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1443 seconds (0.1#10.140)